Selasa 23 May 2017 15:03 WIB

Sejarah Hari Ini: Bencana Tsunami Landa Hawaii pada 1960

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Hawaii saat dilanda tsunami pada 23 Mei 1960.
Foto:
Lambang Republik Federal Jerman.

Pada hari ini, 23 Mei 1949, Republik Federal Jerman atau yang dikenal sebagai Jerman Barat resmi didirikan sebagai negara terpisah dan merdeka. Peresmian ini menandai berakhirnya pembicaraan tentang penyatuan kembali Jerman Timur dan Barat.

Pascaperang Dunia II Jerman dibagi menjadi empat zona pendudukan Inggris, Prancis, Amerika dan Uni Soviet. Kota Berlin juga terbagi dalam mode yang sama. Pengaturan ini seharusnya bersifat sementara, namun saat Perang Dingin mulai menegang, menjadi semakin jelas pembagian antara bagian terkontrol komunis dan non-komunis di Jerman dan Berlin menjadi semakin permanen.

Pada Mei 1946 Amerika Serikat menghentikan pembayaran ganti rugi dari Jerman Barat ke Uni Soviet. Dan pada Desember, AS dan Inggris menggabungkan zona pendudukan yang kemudian dikenal sebagai zona Bizonia. Prancis setuju menjadi bagian dari kesepakatan itu dan pada Mei 1949 ketiga zona tersebut bersatu.

Pada 23 Mei, Dewan Parlemen Jerman Barat bertemu dan secara resmi mengumumkan pembentukan Republik Federal Jerman. Presiden Dewan dan Presiden masa depan Jerman Barat Konrad Adenauer menyatakan, “hari ini sebuah Jerman baru muncul.”

Namun peresmian itu tidak terlalu meriah karena banyak perwakilan dalam pertemuan tersebut yang samar-samar menginginkan penyatuan Jerman. Selain itu dua anggota dewan komunis menolak penandatanganan pembentukan negara baru tersebut.

 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement