Jumat 26 May 2017 16:16 WIB

Inilah Warga Australia yang Populer karena Narkoba

Duo Bali Nine, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.
Foto:

Gordon Vuong, Kamboja

Vuong baru berusia 16 tahun saat ditangkap di Kamboja karena mencoba membawa dua kilogram heroin pada 2005. Ditangkap sebagai bagian dari sindikat narkoba dengan dua orang lainnya, para penyelundup berjanji membayar remaja Sydney ini 1.300 dolar AS kalau dia berhasil.

Menyulut kemarahan kelompok kebebasan sipil, Vuong pada awalnya diinterogasi oleh polisi tanpa didampingi orang dewasa, pengacara atau pejabat kedutaan. Dia kemudian dihukum 13 tahun penjara di Kamboja.

Belakangan diketahui Vuong tertangkap berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kepolisian Federal Australia. Menteri Kehakiman Chris Ellison saat ini berusaha menegosiasikan pertukaran tahanan, namun tidak berhasil.

Kini dia berusia 28 tahun itu akan dibebaskan tahun depan.

Status: Dipenjara

Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, Indonesia

Chan dan Sukumaran dihukum karena memimpin jaringan penyelundupan heroin, Bali Nine, dan pada 2006 terbukti bersalah menyediakan uang, tiket penerbangan dan hotel ke para kurir narkoba. Operasi tersebut merupakan upaya mendatangkan heroin senilai 8 juta dolar AS (sekitar Rp 80 miliar) ke Australia.

Andrew Chan and Myuran Sukumaran wait behind bars in a temporary cell
Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, 21 September 2010.

Reuters: Murdani Usman

Meskipun melakukan berbagai upaya hukum, permintaan grasi dan pengampunan oleh Perdana Menteri John Howard dan Tony Abbott, kedua pria ini dihukum mati oleh regu tembak di Nusakambangan pada 2015. Enam anggota sindikat Australia lainnya dihukum seumur hidup, sementara satu orang dihukum 20 tahun.

Status: Dieksekusi

Peter Gardner, Cina

Pria berkewarganegaraan Australia dan Selandia Baru ini diduga berusaha menyelundupkan 30 kilogram sabu-sabu melalui penerbangan ke Sydney pada 2014. Barang tersebut ditemukan setelah para petugas membuka koper Garner, yang dia klaim tas tersebut mengandung peptida yang zat untuk meningkatkan kinerja.

Police escort Peter Gardner as he enters court in Guangzhou, Guangdong province, China, May 7, 2015.
Pria Australia Peter Gardner memasuki gedung pengadilan di Guangzhou, Cina, 7 Mei 2015.

Reuters: Alex Lee

Gardner yang sekarang berusia 28 tahun, masih berada di penjara Guangzhou menunggu tuntutan dalam persidangan. Dia berpotensi menghadapi hukuman mati, karena aturan hukum di Cina menyatakan barangsiapa tertangkap memiliki heroin atau sabu-sabu 50 gram atau lebih kemungkinan dihukum mati.

Status: Menunggu persidangan

Cassie Sainsbury, Kolombia

Wanita asal Adelaide ini ditangkap pada April 2017 setelah dia ditemukan dengan 5,7 kilogram kokain di Bandara Internasional El Dorado di Bogota. Keluarga Sainsbury mengklaim dia sangat "naif" dan hanya menerima paket tersebut karena dia yakin isinya adalah headphone.

A Facebook photo of Cassie Sainsbury.
Foto Facebook Cassie Sainsbury.

Facebook: Cassie Sainsbury

Meski mendapat bantuan dari DFAT, namun permintaan tahanan luar untuk Sainsbury telah ditolak dan berpotensi menghadapi hukuman 25 tahun penjara. Dia sekarang menunggu persidangannya dan ditahan di penjara wanita El Buen Pastor.

Status: Menunggu persidangan

Diterbitkan Jumat 26 Mei 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari berita ABC News.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/inilah-warga-australia-yang-populer-karena-narkoba/8561272
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement