Ahad 25 Jun 2017 04:51 WIB

Orang Australia Kian tidak Percaya Amerika Serikat

Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.
Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Tingkat kepercayaan orang Australia pada Amerika Serikat menurun setengah sejak 2011 dan 60 persen warga tidak menyukai Presiden Donald Trump, meski sebagian besar mereka menganggap aliansi masih penting.

Hasil jajak pendapat Lowy Institute pada 2017 yang dirilis, Rabu (21/6) menunjukkan dukungan untuk kelanjutan hubungan kedua negara didorong oleh kekhawatiran yang berkembang tentang ancaman militer Cina.

Alex Oliver, direktur Lowy Institute mengatakan meski kepercayaan kepada Amerika Serikat (AS) terkikis, orang Australia percaya aliansi "telah bermanfaat untuk kita" dan dapat membentengi dari ancaman di masa depan.

"Kita telah secara terus-menerus melihat Cina sebagai ancaman militer potensial, dan saya pikir orang Australia melihat aliansi itu sebagai polis asuransi menghadapi ancaman potensial di wilayah kita, termasuk yang sangat mungkin dari Cina," kata Oliver.

Hampir setengah dari 1.200 orang yang disurvei mengatakan sepertinya "Cina akan menjadi ancaman militer bagi Australia pada 20 tahun mendatang", tapi lebih jauh lagi - 79 persen - melihat negara itu sebagai mitra dagang penting.

"Fakta orang Australia relatif optimistis secara ekonomi, dimana kita masih melihat globalisasi secara baik dan perdagangan bebas secara baik, terutama karena kita telah punya perjanjian yang sangat menguntungkan dengan Cina, yang telah menopang kinerja perekonomian kita di dunia," kata Oliver.

"Keseimbangan itu secara jelas muncul didukung oleh hubungan ekonomi, jadi ancaman militer harus ditekan sangat sangat jauh agar kita tidak menempatkan hubungan ekonomi dalam bahaya."

Jajak pendapat itu menunjukkan AS dan Cina berkaitan ketika responden ditanya hubungan mana yang lebih penting, dimana orang muda memilih China sementara orang Australia yang lebih tua lebih memilih Amerika Serikat.

Diterjemahkan Rabu 21 Juni 2017 oleh Alfred Ginting dari artikel ABC News.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/tingkat-kepercayaan-orang-australia-kepada-amerika-serikat-menu/8638056
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement