Sabtu 12 Aug 2017 06:53 WIB

Kapal Pengungsi Afrika Kejutkan Pengunjung Pantai di Spanyol

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Andi Nur Aminah
Imigran Afrika kerap melintasi perairan Mediterania demi memasuki Eropa
Foto: EPA
Imigran Afrika kerap melintasi perairan Mediterania demi memasuki Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, CADIZ -- Ratusan pengunjung pantai di kota kecil Zahara de los Atunes, Provinsi Cadiz, Spanyol dikejutkan oleh kedatangan sebuah perahu karet yang membawa puluhan migran asal Afrika pada Rabu (16/8) lalu. Perahu tersebut tiba pada siang hari di pantai Playa de los Alemanes, saat ratusan pengunjung tengah berjemur di bawah terik matahari.

Sebuah video yang diunggah CNN menunjukkan puluhan migran berbaju serba hitam langsung bergegas turun dari kapal dan berlari ke arah pantai begitu perahu karet yang membawa mereka mendekati daratan. Pengunjung pantai yang tengah berjemur langsung membereskan barang bawaan mereka begitu melihat puluhan orang dari laut berlari ke arah pantai.

"Kedatangan migran di area ini bukan sesuatu yang lazim, karena itu masyarakat terkejut," kata Juru Bicara Penjaga Sipil Spanyol Juan Fernandez. Namun begitu, ia tidak merinci ada berapa migran yang datang dan di mana mereka ditempatkan saat ini.

Provinsi Cadiz sendiri hanya berjarak 14,4 kilometer dari Afrika. Keduanya hanya dipisahkan oleh Selat Gibraltar. Jumlah migran yang datang ke Spanyol tercatat meningkat selama musim panas.

Diperkirakan ada 116 ribu migran yang telah melarikan diri ke Eropa dari Afrika Utara dan Timur Tengah sejak Januari sampai Juni 2017. Sebagian besar dari mereka melarikan diri ke Eropa dengan menggunakan perahu atau kapal. Pada periode yang sama di tahun lalu, jumlah migran yang mengungsi ke Eropa sekitar 263 ribu orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement