Senin 14 Aug 2017 08:51 WIB

Mantan Wakil Pemimpin al-Shabaab Menyerahkan Diri

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
Milisi Al Shabaab
Foto: ibtimes
Milisi Al Shabaab

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Mantan wakil pemimpin sekaligus mantan juru bicara kelompok al-Shabaab, Sheikh Mukhtar Robow, telah menyerahkan diri ke pemerintah Somalia pada Ahad (13/8).

Mohamed Abdi, Gubernur wilayah Bakol, mengatakan kepada kantor berita Anadolu, pria yang dikenal sebagai Abu Mansoor itu datang bersama sejumlah militan ke kota Hudur yang dikuasai pemerintah.

Dari Hudur, Mansoor dibawa oleh Menteri Pertahanan Somalia Abdirashid Abdullahi dan wakil komandan Badan Intelijen Nasional (NISA) dan tiba di ibukota Mogadishu pada Ahad (13/8) siang. Media lokal melaporkan, Abu Mansoor berada di Mogadishu untuk bertemu dengan Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed dan Perdana Menteri Somalia.

Sedikitnya 19 orang termasuk 13 militan al-Shabaab tewas setelah kelompok tersebut menyerbu desa Abal pekan lalu. Abal adalah benteng terakhir Abu Mansoor yang terletak 390 kilometer dari barat daya ibukota Mogadishu.

Abu Mansoor meninggalkan al-Shabaab pada 2013. Setelah pengumuman resmi keluar dari al-Shabaab, AS menghapus namanya dari daftar teroris yang dicari, yang kemudian diterima oleh pemerintah South West State.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement