Rabu 18 Oct 2017 13:55 WIB

Gelapkan Dana Badan Amal untuk Beli Rokok, Alkohol, dan Pakaian Dalam

Boris Trajkov adalah anggota pendiri organisasi Asosiasi Warga Multietnik Slovakia di Victoria, Australia.
Foto:

Beli alkohol untuk restoran anak perempuannya

Antara bulan Februari 2013 dan 31 Maret 2016, Trajkov juga tercatat menggunakan uang milik asosiasi untuk membeli alkohol seharga 44.890 dolar AS atau sekitar Rp 474 juta termasuk 7.960 dolar AS (Rp 84 juta) hanya dalam satu bulan. Sebagian besar pembelian tersebut dilakukan di toko minuman keras di Preston, yang hanya berjarak 2 kilometer dari restoran milik salah satu anak perempuan Trajkov.

Di bawah pemeriksaan silang, Trajkov mengakui dia telah membeli alkohol untuk restoran ‘New Europe’ menggunakan uang dari akun milik asosiasi yang didirikannya. Dia juga mengatakan bahwa sebagian uang itu masuk ke klub sosial dimana dia tercatat sebagai anggota, tapi uang itu selalu dibayarkan kembali.

Selama periode yang sama, Trajkov mengeluarkan lebih dari 150 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 1,5 miliar uang asosiasi untuk membeli pakaian, pakaian dalam dan perhiasan, dan lebih dari 45.000 dolar AS (Rp 475 juta) untuk tiket pesawat dan akomodasi di Melbourne dan Sydney.

Tanda terima yang diberikan oleh Boris Trajkov, yang belakangan diketahui bukan merupakan biaya yang sah dari pusat penitipan anak, termasuk tagihan listrik untuk toko ritel di Brunswick, lebih dari 600 dolar AS (Rp 6,3 juta) untuk minuman energi, dan resep Cialis, obat yang biasa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Panitera My Anh Tran Tran menolak menerima klaim Boris Trajkov bahwa dia telah melunasi semua biaya pribadinya, dan memutuskan bahwa tindakannya merupakan pelanggaran yang signifikan terhadap tugasnya terhadap asosiasi tersebut.

"[Boris Trajkov] membuktikan dirinya bersedia mengeluarkan dana dari rekening bank milik asosiasi tersebut untuk biaya pribadi pada ratusan kesempatan," demikian bunyi putusan Panitera My Anh Tran.

Likuidator asosiasi tersebut, David Vasudevan dari Pitcher Partners, telah mengupayakan pembayaran lebih dari 3,5 juta dolar AS (Rp 37 miliar) dari Boris Trajkov, namun Panitera My Anh Tran menerima kalau sejumlah biaya tersebut memang dikeluarkan untuk keperluan pusat penitipan anak, meskipun hanya ada sedikit bukti untuk mendukung klaimnya.

Dalam penilaiannya, yang dibacakan pada minggu lalu, Panitera My Anh Tran mencatat lebih dari 200 ribu dolar AS (Rp 2,1 miliar) uang tunai ditarik oleh Trajkov dari rekening bank asosiasi tersebut seluruhnya tidak diketahui keperluannya untuk apa. Trajkov juga mentransfer lebih dari 190.000 dolar AS (Rp2 miliar) uang asosiasi kepada istrinya, Slobodanka.

Trajkov tidak membalas telepon atau pesan teks yang diajukan ABC untuk meminta komentarnya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/gelapkan-uang-asosiasi-mantan-bos-wajib-bayar-ganti-rugi-rp10/9060258
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement