Rabu 25 Oct 2017 19:01 WIB

Kunjungan PM Somalia, Turki Kuatkan Pijakan di Afrika

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Perdana Menteri (PM) Turki Binali Yildirim (tengah)
Foto: Youtube
Perdana Menteri (PM) Turki Binali Yildirim (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Perdana Menteri Somalia, Hassan Ali Khaire akan melakukan lawatan ke Turki. Kunjungan tersebut guna memperkuat hubungan bilateral sekaligus mengunjungi korban bom yang dirawat disana.

Hassan Ali Khaire rencananya akan bertemu dengan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim. Analis percaya, pertemuan keduanya juga akan menguatkan posisi Turki di Somalia dan meningkatkan pijakan di negara Afrika.

"Dalam beberapa tahun terakhir politik luar negeri Turki dijalankan melalui sektor kemanusiaan dalam bentuk bantuan dan investasi," kata Direktur riset Al Sharq Forum, Galip Dalay seperti diwartakan Aljazirah, Rabu (25/10).

Seperti diketahui, bantuan dari Turki langsung tiba di Mogadishu tak lama setelah peristiwa ledakan di kota tersebut. Turki kemudian menawarkan bantuan perawatan korban luka dapat dilakukan dinegara mereka.

Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 358 orang. Pemerintah menyebut peristiwa yang terjadi pada 14 Oktober kemarin sebagai insiden mematikan yang pernah menimpa Somalia. Sementara, kunjungan Hassan Ali Khaire di Turki akan dimulai pada Rabu hingga Jumat (27/10) besok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement