Kamis 09 Nov 2017 14:22 WIB

Trump Desak Cina Bujuk Korut Setop Senjata Nuklir

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Donald Trump dan ibu negara Melania Trump tiba di bandara Beijing, Rabu (8/11)
Foto: Pang Xinglei/Xinhua via AP
Presiden Donald Trump dan ibu negara Melania Trump tiba di bandara Beijing, Rabu (8/11)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Amerika Serikat  Donald Trump mendesak Presiden Cina Xi Jinping bekerja keras membujuk Korea Utara (Korut) menyetop senjata nuklirnya. Dia mengatakan, ia tidak akan menyalahkan Cina karena mengambil keuntungan dari AS meskipun AS mengalami defisit perdagangan saat berdagang dengan Cina.

Seperti dilansir BBC, Kamis, (9/11), Trump berbicara di forum pemimpin bisnis di Beijing yang dikunjunginya sebagai bagian dari tur Asianya. Kedua pemimpin tersebut mengadakan pembicaraan sebelumnya pada Kamis setelah sambutan mewah untuk Trump di Beijing.

Diskusi tentang bagaimana menghadapi ancaman Korut ke wilayah tersebut mendominasi agenda Trump. Cina adalah sekutu ekonomi utama Pyongyang.

Xi dan Trump mengumumkan mereka telah menandatangani kesepakatan bisnis senilai 250 miliar dolar AS selama kunjungan Trump. Sebelumnya dalam perjalanan lima negara, Trump mendesak Korut membuat kesepakatan mengakhiri program senjata nuklirnya.

Ia juga memperingatkannya tidak melakukan provokasi lebih jauh terhadap AS dan dunia dengan mengatakan, "Jangan coba-coba terhadap kami." Trump mendesak Cina memutuskan hubungan dengan Pyongyang dan mengulangi seruan Beijing untuk meningkatkan tekanan. Cina selama ini menegaskan pihaknya telah melakukan semua yang dapat dilakukan dan sepenuhnya mendukung pemberlakuan sanksi PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement