Senin 20 Nov 2017 20:30 WIB

Jejak Waktu: Stasiun Luar Angkasa Internasional Meluncur

Rep: rizkiyan adiyudha/ Red: Budi Raharjo
Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station)
Foto:
Jenderal Franco (dua kanan)

-- Francisco Paulino Hermenegildo Teodulo Franco y Bahamonde Salgado Pardo atau yang biasa disingkat sebagai Francisco Franco Bahamonde meninggal pada 20 November. Pria yang meninggal pada 1975 silam ini merupakan pempimpin de facto Spanyol sejak 1939.

Franco lahir di Ferrol, Spanyol pada 4 Desember 1892. Dia merupakan putra kedua dari keluarga angkatan laut kelas menengah. Franco memasuki akademi militer di Toledo di usia 14 tahun. Setelah tamat 3 tahun kemudian secara cepat ia menjadi sukarelawan dinas aktif dalam koloni Spanyol di Maroko.

Selama kepemimpinannya di Spanyol, Franco terkenal sebagai diktator yang fasis. Franco pertama kali naik tahta usai pecahnya perang sipil pada 1930an.

Pemerintahan Franco menolak segala bentuk otonomi daerah dan mempertahankan bentuk pemerintahan terpusat. Hal itu berdampak pada timpangnya kesejateraan di pusat dan daerah. Madrid, Catalonia dan Basque berkembang lebih baik ketimbang Galicia atau Andalusia.

Penyeragaman budaya juga dilakukan dalam era Franco. Pria asal Galicia ini mencabut undang-undang serta pengakuan terhadap bahasa Basque, Galicia, serta Catalan sebagai bahasa nasional. Dia mewajibkan penggunaan bahasa Spanyol dalam segala bentuk aktifitas.

Kebasan berekpresi dan mengemukakan pendapat juga dibungkam. Selama empat dekade, Spanyol hidup di bawah rezim diktator Franco. Masa kepemerintahan Franco selanjutnya diambil alih oleh Juan Carlos I.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement