Ahad 11 Mar 2018 14:19 WIB

Banjir di Sejumlah Kota Australia Datangkan Buaya Berbahaya

Buaya memanfaatkan banjir untuk mencari makanan.

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Buaya
Foto: AP
Buaya

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Sejumlah wilayah di negara bagian utara Australia, Queensland, dilaporkan dilanda banjir dalam beberapa hari terakhir. Namun, tak hanya genangan air yang menganggu aktivitas warga, terdapat bahaya yang dikhawatirkan muncul akibat bencana ini.

Menurut laporan, banyak buaya yang ikut terbawa dalam banjir di wilayah-qilayah Queensland tersebut. Hewan reptil besar ini terlihat memasuki Kota Ingham. Sejumlah foto yang beredar di media sosial juga memperlihatkan bagaimana buaya-buaya berkeliaran.

Peneliti buaya dari Kebun Binatang Australia di Queensland, Tobi Millyard mengatakan bahwa hewan predator ini menggunakan jalur banjir di wilayah tersebut untuk melakukan perjalanan ke daerah yang berbeda dari asalnya. Tujuan utamanya adalah untuk mencari makanan.

"Beberapa buaya menyukai hujan dan genangan banjir yang ditimbulkan digunakan untuk memudahkan mereka bepergian, mereka sangat cerdas," ujar Toby pada Ahad (11/3).

Namun, ia mengatakan bahwa buaya-buaya itu sangat mudah untuk menjauh dari keramaian. Sepanjang manusia atau apapun yang dianggap sebagai mangsanya tidak berada di air, atau pinggiran air, dipastikan tidak ada hal yang tak diinginkan.

Sementara itu, dampak banjir Queensland telah membuat sejumlah pelajar dan guru yang tengah melakukan perjalanan terdampar. Namun, saat ini mereka telah dievakuasi dengan bantuan dari tim Quensland Fire and Emergency Services (QFES).

Pemerintah negara bagian Queensland telah mengumumkan bahwa wilayah mereka tengah dalam zona bencana. Perdana Menteri untuk negara bagian itu Annastacia Palaszcuk bahwa untuk menentukan jumlah kerugian diperlukan waktu dalam beberapa pekan ke depan, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement