Senin 18 Jun 2018 14:25 WIB

Gencatan Senjata Berakhir, India Lanjutkan Operasi Militer

Puluhan orang tewas dalam 30 hari terakhir di wilayah perbatasan sengketa

Rep: Crystal Liestya Purnama/ Red: Bilal Ramadhan
Pasukan pemerintah India menembakkan gas air mata dan menggunakan pentungan untuk membubarkan ribuan demonstran anti-India di bagian India Kashmir
Foto: ap
Pasukan pemerintah India menembakkan gas air mata dan menggunakan pentungan untuk membubarkan ribuan demonstran anti-India di bagian India Kashmir

REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR -- Pemerintah India melanjutkan operasi militer terhadap pemberontak di Kashmir. Hal ini setelah pengumuman gencatan senjata selama 30 hari selama bulan suci Ramadhan.

"Operasi melawan teroris akan berlanjut," kata Menteri Dalam Negeri India, Rajnath Singh menulis di Twitter pada hari Ahad (17/6), sebulan setelah mengarahkan pasukan keamanan untuk menghentikan operasi anti-pemberontak selama Ramadhan.

"Sementara pasukan keamanan menunjukkan pertahanan yang patut dicontoh, para teroris terus dengan serangan mereka terhadap warga sipil dan pasukan keamanan, yang mengakibatkan kematian dan cedera."

Menurut catatan polisi, puluhan orang tewas selama 30 hari terakhir. Itu termasuk enam warga sipil, sembilan personel keamanan dan lebih dari 20 militan.

Sebagian besar dari mereka meninggal di dekat Garis Kontrol, garis demarkasi yang memisahkan India dan Pakistan, bagian yang diatur dari wilayah yang disengketakan. Di tengah kekerasan itu, jurnalis terkemuka Shujaat Bukhari juga dibunuh secara misterius di ibu kota wilayah Srinagar.

Berbicara kepada Aljazirah, Sunil Sethi, juru bicara kepala negara Partai Bharatiya Janta (BJP) yang berkuasa, menggemakan pernyataan Singh. "Kami mengharapkan bahwa akan ada reaksi positif dari militan dan Pakistan. Senjata kami diam tetapi para militan terus menyerang setiap hari," katanya.

"Gencatan senjata menjadi tidak berarti. Menjadi sulit bagi pemerintah untuk melanjutkan. Kami tidak bisa melanjutkan dengan biaya begitu banyak darah di jalanan," tambah Sethi.

Waheed Ur Rehman Para, presiden pemuda Partai Demokrasi Rakyat (PDP), yang berkoalisi dengan BJP sayap kanan, mengatakan bahwa upaya pemerintah untuk memberisebuah kesempatanperdamaian telah disabotase.

"Gencatan senjata adalah proses dua arah. Kami mencoba mengambil langkah tetapi sayangnya, tidak ada tanggapan dari pihak lain," kata Para.

"Kami ingin menghindari dan menunda kekerasan karena dengan setiap kematian itu menimbulkan kemarahan di kalangan pemuda dan mengasingkan mereka. Para militan terus menyerang."

Para pemimpin separatis yang mendukung penggabungan wilayah Himalaya dengan Pakistan dan kelompok pemberontak yang memerangi pemerintah India telah menolak tindakan sementara itu. Mereka menyebutnya langkah tersebut hanya sebagai "kosmetik".

Efek dari pengumuman pemerintah pada hari Ahad itu teraba di distrik selatan Kashmir di Shopian, di mana sebagian besar operasi militer tahun ini telah berlangsung. "Gencatan senjata itu mungkin menunda pembunuhan, tetapi kami khawatir akan lebih banyak kekerasan sekarang," kata Azra Shafi, seorang mahasiswi berusia 24 tahun dari Shopian, kepada Aljazirah.

"Kami ingin bernafas lega tetapi itu tidak akan terjadi sekarang. Tahun ini kami menyaksikan sebagian besar baku tembak, kami sedikit lega untuk bulan itu tetapi itu sangat singkat. Kami tidak berharap pertumpahan darah akan berhenti," katanya.

"Tidak banyak pertempuran senjata dalam tiga pekan terakhir, tetapi sekarang kami khawatir bahwa waktu akan lebih ganas," kata warga lain, Shabir Ahmad.

"Kami sudah muak. Anak laki-laki kehilangan mata karena peluru pelet setiap kali ada protes. Kami juga merindukan kedamaian," tambahnya.

Pada hari Sabtu (16/6), hanya sehari setelah Ramadan dan di awal liburan Idul Fitri, demonstrasi kekerasan mengguncang distrik Anantnag di Kashmir selatan. Seorang pengunjuk rasa muda tewas sementara 20 lainnya menderita luka karena peluru pelet.

Polisi mengatakan pemuda itu tewas karena ledakan granat tetapi dokter mengatakan kepada Aljazirah bahwa dia menderita beberapa luka akibat peluru pelet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement