Selasa 24 Jul 2018 10:56 WIB

Istri Najib Razak akan Layangkan Gugatan Soal Perhiasan

Pihak Rosmah sebut perhiasan tersebut dikirim atas keinginan Global Royalti sendiri

Istri Najib Razak, Datin Seri Rosmah Mansor
Foto: The Star
Istri Najib Razak, Datin Seri Rosmah Mansor

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pengacara istri Najib Razak, Datin Seri Rosmah Mansor mengklaim tidak membeli perhiasan yang dikirim untuk dilihat oleh perusahaan yang berbasis di Lebanon. Karena itu, lanjutnya, Rosmah tidak memiliki hak legal atas barang-barang tersebut.

“Posisi yang diambil oleh Global Royalty Trading SAL bahwa klien kami berkewajiban memberi ganti rugi kepada mereka uang dalam jumlah 59.831.317,40 ringgit adalah salah paham dan tanpa dasar hukum apa pun. Gugatan oleh Global Royalty adalah melanggar hukum, sembrono, menjengkelkan dan/atau penyalahgunaan proses pengadilan,” kata pengacara dalam sebuah pernyataan setelah mengajukan pernyataan pembelaan Rosmah, seperti dikutip The Star, Senin (23/7).

“Klien kami tidak membeli perhiasan apa pun. Oleh karena itu, judul-judul hukum perhiasan tidak pernah diberikan kepada klien kami," lanjutnya.

Mereka mengatakan bahwa perhiasan itu dikirim untuk dilihat oleh Rosmah, atas perjanjian pihak perusahaan perhiasan sendiri. "Tidak ada kewajiban bagi Rosmah untuk membeli dan kami akan mengajukan gugatan," kata para pengacara.

Pengacara Rosmah adalah Datuk Geethan Ram Vincent, Datuk K. Kumaraendran, Rajivan Nambiar, Reza Rahim, Lavania Raja, dan Revin Kumar. Ketika dihubungi, Datuk David Gurupatham, yang mewakili perusahaan perhiasan, mengatakan setiap aplikasi untuk mencabut gugatan akan diputuskan oleh bukti dan masalah hukum.

David mengatakan kliennya hanya tertarik untuk mengklaim harga 44 buah perhiasan atau untuk mendapatkan kembali barang-barang itu. Dia menunjukkan bahwa pengacara Rosmah harus membuktikan bahwa tidak ada "penyebab tindakan" agar kasusnya dapat diserang.

"Mereka (pengacaranya) telah memohon bahwa terdakwa (Rosmah) telah menerima barang dan gelar untuk barang-barang tersebut, yang benar-benar dasar dari klaim klien saya untuk deklarasi yang dicari untuk memungkinkan untuk memulihkan barang yang disita," jelasnya.

"Dia (Rosmah) telah mengatakan klaim itu bertentangan dengan AMLA (Anti Pencucian Uang, Pendanaan Anti-Terorisme dan Hasil dari Kegiatan yang Melanggar Hukum 2001) tetapi tidak memberikan keterangan khusus," katanya.

David mengatakan pengacara Rosmah juga mengklaim bahwa kliennya tidak memiliki dasar untuk mengajukan gugatan dan menambahkan masalah itu harus ditangani. Rosmah juga mengatakan dia menerima kiriman perhiasan sebagai istri perdana menteri atas keinginan Global Royalty sendiri.

David mengatakan timnya akan menyajikan bukti di pengadilan. Global Royalty mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur pada tanggal 26 Juni. Pengiriman diserahkan secara langsung pada tanggal 10 Februari.

Pada 22 Mei, Rosma menegaskan dalam surat kepada Global Royalty bahwa ia telah menerima perhiasan itu. Tetapi barang-barang itu tidak lagi dalam kepemilikannya karena mereka telah disita oleh pihak berwenang.

Global Royalty, dalam pernyataan klaimnya, memberi label Rosmah sebagai kliennya yang telah lama berdiri dan mengatakan bahwa ia memberikan perhiasan kepadanya secara konsinyasi, atas permintaannya untuk dievaluasi. Ia juga mengklaim bahwa Rosmah kemudian akan membeli perhiasan yang ia pilih dan mengembalikan barang-barang lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement