Jumat 24 Aug 2018 22:17 WIB

Empat Rudal Berhasil Dicegat Arab Saudi pada Musim Haji

Arab Saudi menyebut dua rudal milisi Houthi mengincar Mekkah

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Efek serangan rudal scud milisi Houthi.
Foto: www.aa.com.tr
Efek serangan rudal scud milisi Houthi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pertahanan Udara Arab Saudi berhasil mencegat dan menghancurkan empat rudal balistik yang diarahkan oleh milisi Houthi ke kota-kota Saudi selama musim Haji tahun ini. Pernyataan tersebut dilansir dari Al Arabiya pada Jumat (2/8).

Dalam upaya pencegahan, pasukan Pertahanan Udara Saudi menyebar untuk mendeteksi sistem rudal dari permukaan ke udara untuk pertama kalinya. Pencegahan itu dilakukan di seluruh kota suci Mekkah untuk melindungi para peziarah Haji.

Mekkah menjadi target oleh dua rudal Houthi, sebelumnya. Hal itu memicu kemarahan di seluruh muslim dunia.

Pada Oktober 2016, koalisi militer Arab pimpinan Arab Saudi mengumumkan pasukannya berhasil mencegat satu rudal yang ditembakkan di ke arah Mekkah dan Yaman. Kedua, beberapa hari sebelum akhir Januari 2017 yang berarti sebelum musim Haji tahun lalu juga berhasil dicegat.

Pertahanan udara Saudi berhasil mencegat kedua rudal itu. Kekuatan sah Yaman telah berulang kali menekankan berlanjutnya keterlibatan rezim Iran dalam mendukung milisi Houthi dan memasok mereka dengan roket yang membawa kemampuan kualitatif. Resolusi PBB 2216 dan 2231 dengan tegas untuk mengancam keamanan Arab Saudi dan melabilkan wilayah dan keamanan internasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement