Senin 24 Sep 2018 15:46 WIB

Bukti Percakapan Pemerkosaan Kian Sudutkan Bos JD.com

Liu datang ke Minneapolis untuk menghadiri program universitas.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
JD.com
Foto:
Kasus pemerkosaan (ilustrasi)

Kepolisian Minneapolis sudah menyerahkan berkas pekara kepada Kantor Kejasaan Wilayah. Tidak ada tenggat waktu yang pasti kapan kasus ini akan dilanjutkan. Kepolisian Minieapolis dan Kantor Jaksa Wilayah pun tidak memberikan penjelasan detail mengenai kasus ini.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti siapa nama korban. Dari informasi yang dikumpulkan baru diketahui korban adalah mahasisiwi asal Cina yang berkuliah di Amerika.

Kasus ini menarik perhatian dunia internasional dan terutama Cina. Sebab kasus ini melibatkan taipan yang juga dikenal dengan nama Liu Qiangdong sebagai salah seorang terkaya di Cina. Laki-laki yang sudah berusia 45 itu menikahi perempuan muda berusia 24 tahun Zhang Zetian seorang sosialita dan bekerja mempromosikan JD.com.

Kini JD.com menjadi e-commerce terbesar nomor dua setelah Alibaba Group. Perusahaan ini pun menarik investor besar seperti Walmart, Alphabet Google dan Tencent Holdings. Liu pemegang 80 persen hak suara di JD.com. Sejak kasus ini mencuat kepemilikan sahamnya jatuh 15 persen dan turun sekitar 36 persen pada tahun ini.

Pesta makan malam

Menurut Universitas Minneasota, Liu datang ke Minneapolis untuk menghadiri program yang diselenggarakan oleh Carlson School of Management Universitas Minneasota dan Universitas Tsinghua. Program doktor bidang bisnis tersebut dibuat khusus untuk ekskutif kelas atas dari Cina.

Pada 30 Agustus, Liu mengadakan pesta makan malam bersama sekitar puluh orang termasuk 20 orang laki-laki di sebuah restoran Jepang Origami Uptown. Peserta pesta makan malam tersebut banyak meminum anggur, sake dan bir. 

Liu yang diperkirakan memiliki kekayaan sebanyak 6,7 miliar dolar AS memesan seluruh menu di restoran tersebut. Para peserta pesta membawa satu botol anggur yang mereka beli di luar restoran.

Salah seorang perempuan tersebut mengatakan kepada temannya ia tertekan diminta untuk terus minum.  "Ini jebakan, saya benar-benar mabuk," kata perempuan itu.

Pesta tersebut berakhir pada pukul 21.30 waktu setempat. Salah satu orang di pesta tersebut dibopong oleh tiga orang rekannya. Liu dan korban menuju sebuah rumah di Minneapolis. Rumah tersebut digunakan oleh salah seorang peserta program doktoral untuk merokok, minum anggur dan makan makanan Cina.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement