Selasa 04 Dec 2018 08:57 WIB

Direktur CIA Bahas Pembunuhan Khashoggi dengan Senat AS

Menurut CIA, Putra Mahkota Saudi memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Direktur baru CIA Gina Haspel.
Foto: AP Photo/Alex Brandon
Direktur baru CIA Gina Haspel.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur CIA Gina Haspel akan memberikan pengarahan singkat kepada beberapa pemimpin komite Senat Amerika Serikat (AS) tentang kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, Selasa (4/12). Rencana itu diinformasikan dua sumber yang mengetahui perihal pertemuan tersebut.

Sebelumnya beberapa anggota Senat AS marah kepada Haspel karena tidak berpartisipasi dalam rapat yang membahas isu tersebut dengan pemerintahan Donald Trump pekan lalu. CIA sudah mengeluarkan penilaian mereka tentang kasus pembunuhan Khashoggi.

Menurut CIA, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman yang memerintahkan pembunuhan di kantor konsular Arab Saudi di Istanbul tersebut. Surat kabar AS, Wall Street Journal menjadi media pertama yang memberitakan tentang pengarahan singkat yang dilakukan Haspel tersebut.

Pada pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan tidak ada bukti kuat yang menyatakan putra mahkota yang berada di balik pembunuhan itu. Mereka juga meminta para senator untuk tidak memutus hubungan dengan Arab Saudi karena peristiwa pembunuhan yang terjadi pada 2 Oktober lalu.

Haspel akan memberikan pengarahan singkat kepada pemimpin dari partai Republik dan Demokrat komite bidang luar negeri dan Komite Layanan dan Pengalokasian Angkatan Bersenjata. Sementara Komite Senat bidang intelijen kabarnya sudah lebih dulu melakukan rapat dengan Haspel. Belum ada komentar dari CIA tentang rapat tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement