Jumat 24 Jul 2020 14:15 WIB

Mantan Presiden Tanzania Benjamin Mkapa Meninggal Dunia

Benjamin Mkapa yang berkuasa dari 1995 hingga 2005 meninggal dunia pada Jumat (24/7)

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Benjamin Mkapa yang berkuasa dari 1995 hingga 2005 meninggal dunia pada Jumat (24/7) dini hari. Ilustrasi.
Foto: EPA
Benjamin Mkapa yang berkuasa dari 1995 hingga 2005 meninggal dunia pada Jumat (24/7) dini hari. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DODOMA -- Mantan presiden Tanzania Benjamin Mkapa meninggal dunia. Presiden John Magufuli mengatakan Mkapa yang berkuasa dari 1995 hingga 2005 itu meninggal dunia pada Jumat (24/7) dini hari.

Presiden ketiga negara Afrika Timur tersebut itu mengetuai sejumlah mediasi perdamaian di kawasan baik saat masih menjabat atau setelahnya. Tanpa memberikan detail lebih lanjut, Magufuli mengatakan sebelum meninggal Mkapa dirawat di rumah sakit di Dar es Salaam.

Baca Juga

"Saya akan mengenang cintanya yang besar untuk negeri, keimanannya, kerja kerasnya dan performanya dalam membangun ekonomi," kata Magufuli seperti dilansir Aljazirah, Jumat (24/7).

Presiden mendeklarasikan tujuh hari berkabung, di mana semua bendera akan dipasang setengah tiang. Magufuli mengatakan Mkapa yang meninggal dunia di usia 81 tahun itu juga mengabdi pada negara sebagai duta besar, menteri, dan pejabat penting partai berkuasa CPM.

"Magufuli meminta masyarakat untuk tenang, sabar, dan bersatu selama masa sulit ini," kata kantor kepresidenan Magufuli dalam pernyataannya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement