Sabtu 26 Dec 2020 18:00 WIB

Perawat ICU di AS Sembuh Setelah 8 Bulan Melawan Covid-19

Sembuh dari Covid-19, perawat di AS semangati pasien lain agar terus berjuang.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Seorang perawat yang selama ini bekerja di ICU St. Mary Medical Center di Long Beach, California, Amerika Serikat merawat pasien Covid-19 akhirnya sembuh dari infeksi virus corona tipe baru setelah delapan bulan berjuang hidup.
Foto:

Sebagai penyintas, Merlin menyemangati pasien lain yang masih berjuang melawan Covid-19 agar tidak putus asa. "Berjuang saja. Berjuang. Lihat aku, aku akan pulang, dan aku berjalan," katanya.

Pesan Merlin datang ketika kapasitas rumah sakit di Long Beach berada di titik puncak, menurut Walikota Robert Garcia.

 "Krisis Covid di Long Beach tidak menjadi lebih baik, bahkan semakin parah," kata Garcia hari Rabu (23/12) dalam jumpa pers.

Pada Selasa, Long Beach melaporkan rekor kematian 14, yang dua kali lipat dari rekor sebelumnya. Kota ini baru mulai melihat dampak pertemuan Thanksgiving pada rawat inap, sehingga beberapa rumah sakit, termasuk St. Mary Medical Center, hampir penuh.  

"Mereka sedang berjuang. Dokter dan perawat memohon dukungan Anda. Mereka melihat semakin banyak pasien setiap hari, dan mereka melakukan segala yang mereka bisa untuk memberikan perawatan yang sangat baik," katanya.

Rumah sakit dengan area Long Beach berada pada 1,5 persen kapasitas ICU pada hari Rabu, sedangkan kapasitas ICU regional berada pada 0 persen. Tingkat rawat inap tetap tinggi di seluruh California karena kasus Covid-19 di negara bagian itu dan telah melampaui 2 juta.

"Kami berada di tempat yang serius dengan rumah sakit kami, dan orang-orang perlu melakukan yang lebih baik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement