Jumat 01 Jan 2021 11:05 WIB

10 Berita Baik dari Eropa yang Mungkin Anda Lewatkan

DW menyajikan sejumlah berita baik dari Eropa yang mungkin saja Anda lewatkan.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Jörg Carstensen/dpa/picture alliance

 

9. Museum Bahasa Jerman

Pembangunan Museum akan dilaksanakan oleh yayasan Klaus-Tschira-Stiftung, kemudian bangunannya akan dihibahkan kepada IDS, lembaga yang didanai bersama oleh Negara Bagian Baden-Württemberg dan pemerintahan federal.

Rancangan museum akan dilombakan kepada para arsitek dan kantor perancang. Klaus-Tschira-Stiftung yang berkedudukan di Heidelberg tidak merinci berapa biaya proyek itu secara keseluruhan. Tapi Baden Württemberg saja menyumbang dana 329 ribu euro atau sekitar Rp 5,6 miliar untuk pembangunan museum.

Direktur Yayasan, Carsten Könnecker menyampaikan, rancangan utama museum akan rampung musim gugur ini. Lalu peletakan batu pertama direncanakan untuk tahun 2023, dan pembangunannya akan makan waktu empat tahun. Museum itu akan didirikan di tepi sungai Neckar.

Yang membuat museum ini berbeda dengan museum-museum lain adalah, pengunjung Jerman yang datang diharapkan berpartisipasi dan membawa sesuatu untuk museum, yaitu bahasa mereka, kata Ketua IDS Henning Lobin.

10. Tren daging bohong

Produsen sosis di kota kecil Bad Zwischenahn, Jerman dalam beberapa bulan terakhir berhasil meningkatkan omset sampai 100 persen. Tapi tidak dengan produk sosis yang biasanya mereka tawarkan, melainkan dengan produk baru yang sedang jadi tren: sosis daging bohong, alias sosis yang dari bentuknya serupa dengan produk biasa, tetapi murni tanpa daging.

Sejak 2018, sektor makanan berbasis tumbuhan memang terus menunjukkan kenaikan. Jika dulu makanan jenis ini hanya merupakan sebagian kecil dari omset penjualan makanan, dan hanya dikonsumsi oleh kelompok tertentu, tahun lalu pangsa pasarnya sudah mencapai 25 persen. (ha/rzn)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement