Jumat 01 Jan 2021 11:05 WIB

10 Berita Baik dari Eropa yang Mungkin Anda Lewatkan

DW menyajikan sejumlah berita baik dari Eropa yang mungkin saja Anda lewatkan.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Jörg Carstensen/dpa/picture alliance

6. Lamaran nikah di atas ladang jagung

Pria yang diketahui bernama Steffen Schwarz diketahui menyiapkan sebuah lamaran pernikahan yang sangat unik. Ia memanfaatkan ladang jagung miliknya untuk menyampaikan niatnya mempersunting sang kekasih.

Schwarz menanam jagung di ladangnya dengan menyediakan beberapa ruang kosong, yang jika dilihat dari atas membentuk suatu kalimat berbahasa Jerman yakni 'Willst du mich heiraten?' yang berarti 'Maukah kamu menikah denganku?' Rupanya lamaran di ladang jagung ini berhasil tertangkap oleh citra satelit, sehingga gambar ini muncul di Google Maps. Ia tidak menyangka bahwa Google akan menayangkan 'perbuatannya' ini.

7. Lebih banyak ruang untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki

Felix Weisbrich, Kepala Departemen Jalan dan Taman di wilayah Friedrichschain-Kreuzberg, Berlin, telah mengambil jalan buat mobil dan memberikannya kepada pengendara sepeda. Dia memperlebar jalur sepeda di lokasi yang membutuhkan dan memerintahkan pembuatan jalur baru di lokasi yang sebelumnya tidak ada jalurnya. Tidak heran jika ia dianggap sebagai pahlawan baru bagi komunitas pengendara sepeda.

Tapi Weisbrich menampik jukukan ini, “Intinya adalah memberi mereka yang berjuang di garis terdepan dengan jalur yang aman untuk berangkat bekerja. Salah satu cara mengurangi risiko terinfeksi.“ Dia mengatakan bahwa hal tersebut memungkinkan dokter, perawat, bahkan jurnalis untuk bepergian lebih cepat dan aman, dan mengurangi penggunaan kereta bawah tanah dan trem.

Para politisi juga mengimbau agar masyarakat menggunakan sepeda dibanding kereta yang penuh sesak. Mengendarai sepeda melalui pusat kota Berlin menjadi kenikmatan tersendiri di saat sekarang ini. Meski masih ada mobil melintas di jalan-jalan utama kota, Berlin tampak kosong terutama di daerah-daerah yang biasa dikunjungi para turis, antara lain Gerbang Brandenburg atau alun-alun Gendarmenmarkt yang memesona.

8. Larangan iklan rokok dan produk tembakau

Pemerintah Jerman mengumumkan akan membatasi iklan produk-produk tembakau mulai Januari 2022, setelah bertahun-tahun melakukan negosiasi tentang itu. Iklan produk tembakau nantinya hanya akan diizinkan di toko-toko tembakau. Selama ini, iklan rokok misalnya masih terlihat di jalan-jalan dan di halte bus.

Iklan rokok juga masih ada di bioskop. Menurut aturan yang baru, iklan untuk produk tembakau di bioskop nantinya hanya bisa ditampilkan untuk film-film yang tidak ditujukan bagi anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Pembatasan iklan luar ruang akan diterapkan secara bertahap – berlaku mulai 1 Januari 2022 untuk produk tembakau, dan 1 Januari 2024 untuk produk rokok listrik atau e-cigarette. Sedangkan peraturan baru untuk iklan produk tembakau di bioskop diharapkan mulai berlaku pada pergantian tahun 2021 ke 2022.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement