Sabtu 09 Jan 2021 12:15 WIB

Bagaimana Inggris akan Vaksinasi Jutaan Warganya?

Inggris akan melakukan vaksinasi massal

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
 Bagaimana Inggris akan Vaksinasi Jutaan Warganya?, Penyuntikan Vaksin (ilustrasi)
Foto:

Siapa yang akan divaksinasi?

NHS mengelola sekitar 15 juta vaksin flu di seluruh Inggris setiap tahun, juga keempat negara di Eropa yang melakukan tingkat vaksinasi tertinggi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. Namun, skala dan kecepatan peluncuran vaksin Covid ini sangat luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Tujuannya adalah untuk memberi vaksin sebanyak mungkin orang yang berusia di atas 16 tahun di Inggris. Prioritas yang paling rentan, sebagaimana tercantum dalam daftar sembilan kelompok prioritas tinggi, yang mencakup sekitar seperempat populasi Inggris. Mereka dianggap mewakili 90-99 persen dari mereka yang berisiko meninggal akibat Covid-19.

Orang-orang yang berusia di atas 80 tahun, staf kesehatan garis depan, dan pekerja perawatan rumahan, adalah yang pertama menerima Pfizer. 

Dokter umum dan pusat vaksinasi lokal, telah diminta untuk memastikan setiap penghuni panti jompo di daerah mereka divaksinasi pada akhir Januari. 

Bersama-sama juga penghuni panti asuhan, pengasuh mereka, dan orang-orang berusia di atas 80-an diperkirakan berjumlah 4,5 juta orang, sementara staf garis depan NHS berjumlah 1,6 juta.

Apakah ada cukup vaksin? 

Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin Oxford (cukup untuk menginokulasi 50 juta orang). Sekretaris Kesehatan mengatakan, bila digabungkan dengan 40 juta Pfizer yang dipesan, ini akan mencakup seluruh populasi. 

Dan di atas dua vaksin yang disetujui ini, Inggris memiliki pesanan signifikan dari lima kandidat lainnya. 

Tetapi memesan vaksin tidak sama seperti menyiapkannya. Dari 100 juta vaksin Oxford yang dipesan, hanya 530 ribu yang siap diluncurkan secara nasional pada 4 Januari. Meskipun demikian, pemerintah mengatakan jumlah ini akan meningkat menjadi puluhan juta pada akhir Maret. 

Sementara itu, Inggris telah menerima 22 kiriman dari 40 juta Pfizer yang dipesan. Dan Pfizer mengatakan bahwa jumlah yang dikirim ke Inggris sekarang sudah ada jutaan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement