Sabtu 09 Jan 2021 12:15 WIB

Bagaimana Inggris akan Vaksinasi Jutaan Warganya?

Inggris akan melakukan vaksinasi massal

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah
 Bagaimana Inggris akan Vaksinasi Jutaan Warganya?, Penyuntikan Vaksin (ilustrasi)
Foto:

Bagaimana vaksin diangkut?

Vaksin Oxford dapat disimpan di lemari es dan diangkut dengan van atau kotak pendingin biasa. Tapi Pfizer (terbuat dari bahan genetik) perlu disimpan pada -70C untuk mencegahnya rusak.

Selain tidak sesuai untuk sebagian besar praktik GP, ini berarti Pfizer perlu diangkut dalam rantai pengiriman deep-freeze yang dikontrol dengan cermat, dengan botol kecil ditempatkan di dalam kotak termal ultra-dingin khusus.

Kotak-kotak ini (dilengkapi dengan perangkat pemantau suhu) dibawa dengan pesawat atau truk ke Inggris, dan diteruskan ke tempat tujuan. Setelah berada di lokasi vaksinasi, kiriman harus dikeluarkan dari cold storage oleh staf NHS yang terlatih khusus, dan membutuhkan beberapa jam untuk mencairkan sebelum diencerkan dalam larutan garam, dan diberikan kepada pasien.

photo
Ilustrasi vaksin. Hasil survei penerimaan vaksin Covid-19 yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) yang didukung UNICEF dan WHO menunjukan bahwa mayoritas masyarakat siap divaksin Covid-19. - (istimewa)

Bagaimana orang akan divaksinasi?

Orang akan divaksinasi dengan tiga lokasi utama, praktik dokter umum lokal dan apotek komunitas, rumah sakit, dan area vaksinasi massal di seluruh negeri. 

Sekitar 1.000 lokasi GP, 200 apotek komunitas, 223 pusat rumah sakit, dan tujuh lokasi vaksinasi massal harus sudah beroperasi pekan depan. Dan perdana menteri mengatakan, masyarakat tidak perlu melakukan perjalanan lebih dari 10 mil untuk melakukan vaksin. Tujuh pusat vaksinasi massal pertama adalah:

  1. Robertson House, di Stevenage, Herts
  2. Pusat ExCel, di London
  3. Life Center, di Newcastle
  4. Pusat tenis Etihad, di Manchester
  5. Arena Balap Epsom Downs, di Surrey
  6. Stadion Ashton Gate, di Bristol
  7. Millennium Point, di Birmingham

Direktur Utama NHS, Sir Simon Stevens, mengatakan sejauh ini 80 ribu orang telah dilatih untuk memberikan vaksin, dengan ribuan lainnya akan bergabung dalam upaya tersebut. Badan amal Brigade Ambulance St John termasuk di antara mereka yang ikut membantu.

Komandan dukungan militer untuk program pengiriman vaksin, Brig Phil Prosser, mengatakan ada 21 tim vaksinasi reaksi cepat lainnya juga akan siap untuk ditempatkan dimana saja di seluruh negeri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement