Senin 11 Jan 2021 17:18 WIB

Kamis Ini Pakar WHO Tiba ke China Selidiki Asal-usul Virus

Belum jelas apakah tim WHO akan mengunjungi Wuhan atau tidak.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
 Orang tua bertemu anak-anak mereka yang tiba dengan bus dari taman kanak-kanak, di Wuhan, Cina, 31 Desember 2020 (dikeluarkan 01 Januari 2021). Kehidupan di Wuhan, kota di China berpenduduk lebih dari 11 juta, yang hampir setahun lalu menjadi episentrum wabah virus corona, kembali normal.
Foto:

Australia dan negara-negara lain telah menyerukan penyelidikan asal-usul virus. Setelah pernyataan Tedros, Kementerian Luar Negeri hCina mengatakan negara itu terbuka untuk kunjungan, namun masih mengerjakan prosedur yang diperlukan dan rencana konkret yang relevan.

"Pakar penyakit China saat ini sibuk, dengan beberapa kelompok skala kecil dan wabah dilaporkan dalam beberapa pekan terakhir," kata juru bicara kementerian luar negeri Cina, Hua Chunying.

"Pakar kami sepenuh hati dalam pertempuran menegangkan untuk mengendalikan epidemi," kata Hua.

Sementara itu, juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan kepada wartawan di markas besar PBB di New York bahwa Sekretaris Jenderal Antonio Guterres sepenuhnya mendukung upaya Dr. Tedros dan WHO untuk memasukkan tim ke sana.

"Sangat penting bahwa karena WHO memimpin dalam memerangi pandemi, WHO juga memiliki peran utama dalam mencoba melihat kembali akar pandemi ini sehingga kami dapat lebih siap untuk menghadapi pandemi berikutnya," kata Dujarric.

"Kami sangat berharap bahwa komentar yang dilaporkan Cina bahwa mereka bekerja sama dengan WHO dan mencari kunjungan yang lancar akan terjadi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement