Selasa 19 Jan 2021 09:16 WIB

Ketegangan Jelang Pelantikan Joe Biden

Kompleks Capitol Hill ditutup setelah ada laporan adanya asap dekat lokasi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan Pengawal Nasional Bersenjata dari Pennsylvania membantu menjalankan pos pemeriksaan di Massachusetts Avenue untuk membantu mengamankan jalan-jalan menuju gedung Capitol AS di Washington, DC, AS, 15 Januari 2021. Setidaknya dua puluh ribu tentara Pengawal Nasional dan tindakan keamanan lainnya sedang dikerahkan di Washington untuk membantu mengamankan daerah Capitol sebagai tanggapan atas potensi kerusuhan yang terjadi di sekitar pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden minggu depan.
Foto:

Presiden terpilih juga diperkirakan fokus untuk menyatukan kembali keluarga yang dipisahkan di perbatasan AS-Meksiko. Ia juga akan mewajibkan masker dan memberlakukan mandat-mandat seputar Covid-19.

Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris akan mengambil sumpah di depan Gedung Kongres yang menghadap ke National Mall. Biasanya, pelantikan presiden dihadiri ratusan ribu orang yang ingin menyaksikan momen bersejarah.

Namun, karena pandemi virus corona dan ancaman keamanan dari pendukung Trump dan ekstremis sayap kanan membuat jumlah orang yang menghadiri pelantikan Biden-Harris dibatasi. Berdasarkan agenda yang sudah dijadwalkan, usai mengambil sumpah, Biden akan menyampaikan pidato pelantikan.

Pelantikan itu akan isi dengan pembacaan puisi, Pledge of Allegiance, dan doa. Acara tersebut akan penampilan musikal dari Jennifer Lopez dan Lady Gaga yang akan menyanyikan lagu nasional. Trump mengatakan, tidak akan menghadiri pelantikan tersebut.

Ibu negara Melania Trump merilis pesan perpisahan yang meminta rakyat Amerika 'memimpin dengan contoh' dengan peduli pada orang lain. Tradisinya, ibu negara akan mengajak penggantinya untuk berjalan-jalan ke bagian pribadi Gedung Putih.

Namun, CNN melaporkan Melania Trump melanggar tradisi tersebut untuk menghina istri Joe Biden, Jill Biden. Aktor Tom Hanks akan memandu acara pelantikan di televisi yang dimeriahkan Justin Timberlake dan Bon Jovi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement