Ahad 24 Jan 2021 20:55 WIB

Iran akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Massal

Presiden Iran tak mau menyebut asal perusahaan pembuat vaksin Covid-19

Red: Nur Aini
 Presiden Iran Hassan Rouhani
Foto:

Otoritas di Kuba pada awal Januari meneken perjanjian dengan Iran untuk alih teknologi pengembangan vaksin. Kuba juga akan menggelar uji klinis tahap terakhir pada vaksinnya di Iran.

Iran dan Kuba merupakan dua negara yang kena sanksi AS sehingga keduanya kerap kesulitan untuk membangun hubungan dagang dengan perusahaan farmasi asing.

Walaupun demikian, Iran bergabung dalam skema pengadaan vaksin global, COVAX, yang bertujuan mengamankan persediaan vaksin untuk negara-negara miskin.

Data Pemerintah Iran menunjukkan hampir 1,37 juta orang terserang Covid-19 dan 57.300 di antaranya meninggal dunia. Namun dalam beberapa minggu terakhir, kasus positif baru mulai turun.

Jumlah korban jiwa juga turun dalam waktu 24 jam terakhir dari 69 jadi 24 orang pada Sabtu, kata Kementerian Kesehatan. Angka itu merupakan kasus kematian terendah sejak 5 Juni 2020.

"Kami dapat mengumumkan hari ini tidak ada lagi kota merah di Iran," kata juru bicara satuan tugas khusus Covid-19 Iran, Alireza Raisi, saat diwawancarai oleh stasiun televisi milik pemerintah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement