Senin 01 Feb 2021 02:34 WIB

WHO Kunjungi Pasar Wuhan, Tempat Covid-19 Pertama Terdeteksi

Tim WHO mengunjungi pasar Huanan di Wuhan selama satu jam

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nur Aini
Pejabat China meninggalkan ruang konferensi di hotel Hilton tempat para anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menginap, di Wuhan, China, 29 Januari 2021. Tim pakar internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakhiri karantina selama 14 hari mereka. pada 28 Januari dan pindah ke hotel Hilton di Wuhan. Mereka akan mulai menyelidiki asal mula COVID-19 selama beberapa minggu ke depan.
Foto:

Seperti dilansir Reuters pada Ahad (31/1), para ahli mengatakan bahwa pasar Huanan masih berperan penting untuk melacak asal-usul virus. Penyelidikan yang dipimpin WHO di Wuhan telah mengalami penundaan, dan sempat muncul kekhawatiran atas akses juga terhalang oleh pertikaian antara China dan Amerika Serikat.

Asal-usul virus juga telah dipolitisasi dan beberapa diplomat China serta media pemerintah telah memberikan dukungan di balik teori bahwa virus tersebut berpotensi berasal dari negara lain. Tim itu dijadwalkan tiba di Wuhan pada awal Januari, dan penundaan kunjungan ke China menuai kritik, utamanya dari AS. Mantan Presiden AS Donald Trump kala itu menuduh WHO telah bersikap "China-sentris".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement