Senin 01 Feb 2021 05:24 WIB

Temui Taliban, Menlu Iran Sampaikan Permintaan Ini

Delegasi Taliban dipimpin oleh wakil ketua kelompok tersebut, Mullah Ghani Baradar.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Menlu Iran Javad Zarif
Foto:

Pada Rabu (27/1), mereka menggelar pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan Tertinggi Iran, Ali Shamkhani. Dalam pertemuan itu Shamkhani menuduh Amerika Serikat (AS) 'menciptakan kebuntuan' dalam perundingan damai antar kelompok Afghanistan.

Pejabat tinggi keamanan Iran itu menyerukan 'keterlibatan semua kelompok Afghanistan ' dalam menentukan nasib mereka sendiri. Ia mengatakan Teheran 'tidak akan mengakui' kelompok mana pun yang 'ingin merebut kekuasaan melalui perang'.

Kunjungan delegasi Taliban ke Iran ini dilakukan di tengah putaran kedua perundingan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban di Doha, Qatar. Perundingan tersebut tidak menghentikan kekerasan di Afghanistan.

Dalam beberapa tahun terakhir kontak antara Iran dan Taliban semakin sering terjadi. Petinggi-petinggi kelompok tersebut kerap mengunjungi Teheran dan bertemu pejabat Iran. Beberapa tahun terakhir Iran menyerukan struktur politik Afghanistan di masa depan inklusif dan mendorong pasukan AS keluar dari negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement