Rabu 03 Feb 2021 15:02 WIB

Tim WHO Kunjungi Laboratorium Institut Virologi Wuhan

Sempat bermunculan dugaan bahwa pandemi karena kebocoran virus di laboratorium Wuhan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
 Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia terlihat mengenakan alat pelindung selama kunjungan lapangan ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan Hubei untuk kunjungan lapangan satu hari lagi di Wuhan di provinsi Hubei China tengah Selasa, 2 Februari 2021. Tim WHO adalah menyelidiki asal-usul pandemi virus corona telah mengunjungi dua pusat pengendalian penyakit di provinsi tersebut.
Foto:

Sebelum ke kedua tempat tersebut, tim WHO sudah menyambangi rumah sakit di Wuhan yang paling pertama menangani pasien-pasien Covid-19. Mereka pun mengunjungi pasar tradisional Huanan, tempat yang diduga kuat menjadi sumber awal penyebaran Covid-19 pada Desember 2019.

Penelusuran asal-usul SARS-Cov-2 kemungkinan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Menentukan reservoir hewan wabah biasanya memerlukan penelitian mendalam, termasuk pengambilan sampel hewan, analisis genetik, dan studi epidemiologi. "Tidak ada jaminan jawaban," ujar Direktur Program Kedaruratan WHO Mike Ryan awal Januari lalu.

Salah satu kemungkinan penyebaran SARS-Cov-2 adalah pemburu satwa liar menularkannya kepada pedagang yang membawanya ke Wuhan. Pemerintah Cina telah mempromosikan teori, dengan sedikit bukti, bahwa wabah kemungkinan muncul dari impor makanan laut beku yang tercemar virus. Namun para ilmuwan dan lembaga internasional telah menolak mentah-mentah dugaan tersebut.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement