Selasa 09 Feb 2021 12:56 WIB

Muslim Inggris Lebih Nyaman Divaksin Covid-19 di Masjid

Vaksin Covid-19 di masjid menghapus keraguan soal kehalalan vaksin

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.
Foto:

Petugas kesehatan di masjid mulai dengan memberikan suntikan kepada orang-orang yang rentan dan lanjut usia, dari semua latar belakang, termasuk Shaukat Ali yang berusia 82 tahun. Setelah mendapatkan suntikan vaksin, Ali mengaku merasa tenang. Dia akan mendorong anggota keluarganya untuk mendapatkan vaksinasi Covd-19. 

"Saya merasa tenang sekarang. Saya akan mendorong anggota keluarga saya untuk melakukannya ketika diundang oleh NHS," kata Ali.

Warga Inggris lainnya yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 di masjid adalah Shenaz Sajan (60 tahun). Awalnya dia ragu tentang vaksin Covid-19 dan lebih memilih menggunakan produk herbal untuk melawan virus korona. Setelah datang ke masjid, Sajan mendapatkan informasi bahwa vaksin Covid-19 halal dan diperbolehkan. 

"Saya mendapat banyak informasi, petunjuk dan kepastian dari masjid bahwa vaksin itu halal dan diperbolehkan. Ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan berada di tempat terpercaya seperti masjid," ujar Sajan. 

Sajan termasuk di antara puluhan orang yang telah menerima vaksin Oxford-AstraZeneca. Inggris telah mendapat pujian atas peluncuran vaksinasi, karena telah memberikan dosis pertama kepada sekitar 10 persen dari populasi, atau lebih dari 12 juta orang. Pusat vaksinasi telah didirikan di sejumlah lokasi strategis seperti apotek, bioskop, lapangan sepak bola London dan tempat ibadah lainnya seperti kuil Hindu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement