Sabtu 20 Feb 2021 02:12 WIB

Pustakawan Dipecat Usai Bakar Buku Donald Trump

Williams dipecat dari perpustakaan umum Chattanooga, di Negara Bagian Tennessee.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Presiden AS, Donald Trump
Foto:

Perpustakaan itu memutuskan memecat Williams usai penyelidikan menemukan pustakawan itu menyingkirkan benda yang tak tepat. "Kota Chattanooga memiliki kebijakan untuk melindungi kepentingan publik dan kami mengikuti arahan itu," kata direktur eksekutif perpustakaan Corinne Hill.

Pada musim panas lalu Williams ditahan selama unjuk rasa Black Lives Matter yang dipicu kematian George Floyd karena dituduh menghalangi mobil darurat selama demonstrasi. Ia mengatakan perpustakaan itu mengincarnya karena rasnya.

"Saya diperlakukan seperti karakter pria kulit hitam, tapi ketika saya berbicara atas nama orang kulit hitam, mereka mencoba membunuh karakter saya," kata Williams pada Washington post.  

Perpustakaan mengatakan tahun lalu Williams dituduh bersikap melakukan penyensoran. Hal tersebut tidak dapat diterima di perpustakaan Chattanooga.

"Tugas kami untuk memastikan semua makhluk hidup memiliki akses pada informasi tanda penghakiman atau prasangka, entah apakah materinya dihancurkan dengan api atau hanya disingkirkan begitu saja, hal itu menentang kebijakan kami," kata juru bicara perpustakaan.

"Karena pada akhirnya, kami yakin penyensoran tidak memiliki tempat di perpustakaan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement