Jumat 26 Feb 2021 16:46 WIB

Amnesty Protes Penjualan Senjata Prancis ke Arab Saudi

Para aktivis HAM menggelar demonstrasi di ibu kota Paris

Red: Nur Aini
Amnesty International pada Kamis (25/2) menggelar demonstrasi di Paris menyerukan kepada Prancis agar melarang ekspor senjata ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) atas pelanggaran hak asasi manusia di Yaman.

Koalisi pimpinan Saudi yang bertujuan memulihkan pemerintah Yaman telah memperburuk situasi, menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia dengan 233.000 orang tewas, hampir 80 persen atau sekitar 30 juta membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan, dan lebih dari 13 juta berhadapan dengan bahaya mati kelaparan, menurut laporan PBB.

Pada 2017, Parlemen Eropa mengadopsi resolusi tidak mengikat yang menyerukan embargo senjata terhadap Arab Saudi. Tahun berikutnya, beberapa anggota parlemen Prancis meminta penyelidikan atas penjualan senjata Prancis kepada para aktor konflik di Yaman.

Sementara, permintaan tidak dipenuhi dan Prancis tidak menangguhkan ekspor senjata ke negara-negara Teluk yang berpartisipasi di Yaman. Komite Urusan Luar Negeri Majelis Nasional Prancis meluncurkan misi pencarian fakta tentang pengendalian ekspor senjata.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/amnesty-international-protes-penjualan-senjata-prancis-ke-saudi-dan-uea/2157567
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement