Senin 01 Mar 2021 00:03 WIB

Arab Saudi Gagalkan Serangan Rudal Houthi di Riyadh

Houthi meluncurkan rudal balistik ke arah Riyadh

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Kelompok pemberontak Houthi Yaman
Foto:

Awal bulan ini, Houthi menabrak pesawat penumpang kosong di bandara Abha, barat daya Arab Saudi dengan pesawat tak berawak bermuatan bom. Hal ini menyebabkan pesawat itu terbakar. Tidak ada korban dalam insiden tersebut. Koalisi yang dipimpin Saudi telah menghadapi kecaman internasional yang meluas atas kampanye pemboman udara di Yaman, yang telah menewaskan ratusan warga sipil dan mencapai sasaran non-militer, termasuk sekolah, rumah sakit, dan pesta pernikahan.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengumumkan bahwa, dia telah mengakhiri dukungan negaranya untuk perang yang dipimpin Saudi di Yaman, termasuk penjualan senjata yang "relevan". Namun Biden menekankan bahwa, AS akan terus membantu Arab Saudi mempertahankan diri dari serangan luar.

Konflik Yaman telah merenggut puluhan ribu nyawa. Sementara jutaan orang harus mengungsi. Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat bahwa Yaman telah mengalami krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dan sebagian besar warganya bergantung pada bantuan internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement