Rabu 10 Mar 2021 12:49 WIB

Pemimpin Negara Quad Bertemu Dibayangi Kekuatan China

Presiden AS Joe Biden akan berbicara pertama kalinya dengan negara Quad.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Kapal induk dan kapal perang berpartisipasi dalam fase kedua latihan angkatan laut Malabar, latihan gabungan yang terdiri dari India, AS, Jepang dan Australia, di Laut Arab Utara pada hari Selasa, 17 November 2020. Keempat negara membentuk Dialog Keamanan Segi Empat, atau Quad.
Foto:

Jepang mengatakan, bahwa Suga berbicara secara terpisah pada Kamis kepada Modi dan menyuarakan kekhawatiran tentang upaya sepihak China untuk mengubah status quo di Timur dan Laut China serta status hak di Xinjiang dan Hong Kong.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, bahwa Quad dilengkapi dengan baik untuk menghadapi tantangan mendesak. Namun dia mengaku formatnya bukan tentang pesaing tunggal, yang dalam hal ini China.

Pertemuan tersebut terselenggara menyusul pembicaraan pada 18 Februari di antara para menteri luar negeri Quad ketika mereka bersama-sama mendesak pemulihan demokrasi di Myanmar setelah militer menggulingkan pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi pada 1 Februari.

Para pejabat AS menganggap pertemuan itu sebagai cara utama untuk memberikan tekanan karena India dan Jepang menikmati hubungan yang lebih dekat dengan militer Myanmar yang secara historis mengandalkan China sebagai sumber dukungan utamanya.

Namun, para menteri luar negeri Quad berhati-hati untuk tidak menyebutkan secara eksplisit tentang China. Setelah pemilihan Biden, media pemerintah China telah mencetak artikel yang menyerukan India untuk mengakhiri Quad,

Quad diluncurkan pada 2007 oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang khawatir dengan China di Asia. Biden telah berjanji secara umum untuk melanjutkan garis hawkish pendahulunya di China, termasuk dengan menekan hak asasi manusia dan sengketa teritorial.

Pemerintahan Biden telah menjanjikan apa yang dianggapnya pendekatan yang lebih produktif. Hal itu mencakup meningkatkan hubungan dengan sekutu dan menemukan area terbatas untuk kerja sama dengan Beijing seperti perubahan iklim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement