Kamis 11 Mar 2021 13:22 WIB

Jepang Peringati 10 Tahun Tragedi Nuklir Fukushima

Tragedi Fukushima membuat para penyintas di Tohoku berjuang untuk mengatasi kesedihan

Red: Nur Aini
 Foto ini menunjukkan pintu masuk rumah yang rusak di kota Kori, utara kota Fukushima, timur laut Jepang, Ahad (14/2), setelah gempa bumi pada hari Sabtu. Penduduk di timur laut Jepang.
Foto:

Demonstrasi massa menentang penggunaan energi nuklir yang terlihat setelah bencana 11 Maret telah memudar, tetapi ketidakpercayaan masyarakat tetap ada. Sejumlah aktivis anti nuklir berencana melakukan demonstrasi di depan operator pembangkit listrik Tokyo Electric Power pada Kamis malam.

Hanya sembilan dari 33 reaktor nuklir komersial Jepang yang tersisa telah disetujui untuk mulai digunakan kembali di bawah standar keselamatan pasca-Fukushima dan hanya empat yang beroperasi, dibandingkan dengan 54 reaktor yang beroperasi saat sebelum bencana.

Energi nuklir hanya memasok 6 persen dari seluruh kebutuhan energi Jepang pada paruh pertama tahun 2020 dibandingkan dengan 23,1 persen penggunaan sumber energi terbarukan, dan hal itu berarti hampir 70 persen pemakaian bahan bakar fosil. Persentase penggunaan energi terbarukan Jepang itu jauh di belakang penggunaan sumber energi terbarukan Jerman yang mencapai 46,3 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement