Sabtu 20 Mar 2021 03:47 WIB

Ratusan Pelaku dalam Skandal Pelecehan Gereja Katolik Jerman Terungkap

Keuskupan Katolik menugaskan diterbitkannya laporan independen pelecehan oleh pastor

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Ratusan Pelaku dalam Skandal Pelecehan Gereja Katolik Jerman Terungkap

Laporan terbaru itu juga menyalahkan beberapa tokoh gereja karena telah mengabaikan tugas mereka, termasuk Uskup Agung Hamburg Stefan Hesse, yang merupakan asisten Kardinal Meisner dari tahun 2006 hingga 2014. Hanya beberapa jam setelah laporan tersebut diterbitkan, Hesse mengajukan pengunduran dirinya kepada Paus.

Para penyelidik menemukan kekurangan dan kelemahan sistematis, antara lain dokumentasi yang tidak merata, bukti bahwa pemimpin agama tidak menyadari persyaratan hukum, dan kurangnya hierarki dan tanggung jawab yang jelas.

Akan lebih banyak pengumuman segera

Uskup Agung Köln Woelki menerima laporan tersebut setelah Gercke dan timnya menyelesaikan presentasi mereka. Woelki mengatakan bahwa dia telah "sangat mengantisipasi" hari (pegumuman) ini, tetapi juga "sangat takut seperti sebelumnya."

Mereka yang menutup-nutupi kasus harus menanggung konsekuensi kejahatan tersebut. Mereka mencegah penyelidikan dan hukuman para pelaku. "Tindakan lebih berat daripada kata-kata," kata Woelki dengan tenang dan mengumumkan bahwa dia akan segera mengirimkan salinan laporan itu ke Roma.

Woelki tidak mengesampingkan kemungkinan pengunduran diri tetapi mengumumkan akan mengadakan konferensi pers Selasa (23/03) pekan depan.

Beberapa dari 27 keuskupan Jerman telah menugaskan dan menerbitkan laporan tentang pelecehan.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement