Ahad 21 Mar 2021 16:06 WIB

AS dan China akan Bekerja Sama dalam Isu Perubahan Iklim

AS dan China berkomitmen memperkuat komunikasi dan kerja sama perubahan iklim

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Cina-Amerika
Foto:

Kedutaan Besar AS di China belum menjawab permintaan komentar mengenai hal ini. Sejak tahun lalu hubungan AS dan China kini memburuk setelah kedua negara mengusir jurnalis dan AS menutup kantor konsulat China di Houston yang mendorong China menutup kantor konsulat AS di Chengdu.

Pertemuan yang digelar di Anchorage itu dipimpin Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Direktur Komisi Luar Negeri Partai Komunis China Yang Jiechi. Di depan kamera, keduanya saling menyerang kebijakan luar negeri masing-masing dan tidak menunjukkan tanda-tanda adanya terobosan diplomatik. Tetapi laporan Xinhua menunjukkan hal sebaliknya.

"Kedua belah pihak sama-sama berharap untuk melanjutkan komunikasi strategis tingkat tinggi," kata delegasi Cina seperti dilaporkan Xinhua.

"Kedua belah pihak juga sepakat mereka mempertahankan dialog dan komunikasi, menggelar kerja sama yang saling menguntungkan, menghindari kesalahpahaman dan prasangka, serta konflik dan konfrontasi, demi mempromosikan hubungan AS-China yang lebih sehat dan stabil," tambah delegasi tersebut.  

Dalam laporan itu juga disebutkan China dan AS membahas kebijakan perjalanan dan visa untuk disesuaikan dengan situasi pandemi virus corona. "Dan dengan bertahap mempromosikan normalisasi pertukaran personil antara China dan AS," kata laporan tersebut.

Usai pertemuan dengan Blinken dan diplomat AS lainnya, pada stasiun televisi China, CGTN, Yang mengatakan pertemuan tersebut konstruktif dan saling menguntungkan. "Tapi tentu masih ada perbedaan," katanya. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement