Ahad 21 Mar 2021 16:17 WIB

Australia Diterjang Banjir Paling Buruk dalam 5 Dekade

Hujan lebat mengguyur wilayah pantai sebelah timur Australia

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Banjir Australia
Foto:

Sejumlah jalan utama di NSW ditutup sementara banyak sekolah yang meliburkan siswa-siswinya. Banjir menjadi bencana yang bertolak belakang dengan kebakaran hutan yang terjadi dari 2019 hingga awal 2020 yang menghanguskan sekitar 7 persen wilayah NSW.

Pemerintah mengeluarkan peringatan banjir dan evakuasi di sekitar 13 daerah di NSW termasuk di Hunter, salah satu daerah penghasil anggur terbesar di Australia. Beberapa bendung termasuk Warragamba yang memasok sebagian besar air di Sydney tumpah karena permukaan sungai meluap.

Meteorolog memprediksi hujan akan terus turun sepanjang akhir pekan. Hujan diperkirakan akan menaikan permukaan air setinggi 200 militer.

Sejak hujan lebat turun Kamis (18/3) lalu, tim darurat merespon 6.000 laporan meminta bantuan, termasuk 700 permintaan untuk diselamatkan dari banjir. Cuaca ekstrem juga menghambat distribusi vaksin Covid-19 di seluruh NSW. Sehingga, mengganggu rencana pemerintah negara bagian untuk memberikan 6 juta dosis vaksin dalam beberapa pekan ke depan.

"Kami harus menunggu apa yang akan terjadi dengan cuaca dalam beberapa hari kedepan," kata Pelaksana Tugas Chief Medical Officer Australia Michael Kidd dalam pidatonya di televisi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement