Rabu 24 Mar 2021 13:20 WIB

Meksiko dan Amerika Serikat Sepakat Bendung Lonjakan Imigran

Meksiko dan AS membahas penyebab lonjakan imigran

Red: Nur Aini
Migran dari Amerika Tengah, ilustrasi
Foto:

Selama bertahun-tahun, sebagian besar orang yang berusaha menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat berasal dari Guatemala, Honduras, El Salvador, dan daerah-daerah miskin di Meksiko selatan. Gedung Putih pada Senin (22/3) mengatakan Amerika Serikat akan bekerja sama dengan Meksiko dan pemerintah Amerika Tengah untuk mengurangi penyebab migrasi, dan untuk menekankan kepada populasi mereka bahwa sekarang bukan waktunya untuk pergi ke utara.

Jacobson bergabung dengan Juan Gonzalez, direktur senior Dewan Keamanan Nasional untuk Belahan Barat, dan Ricardo Zuniga, yang ditunjuk minggu ini sebagai utusan khusus yang berfokus pada Amerika Tengah. Zuniga menjadi utusan khusus AS pertama untuk wilayah tersebut sejak konflik era Perang Dingin pada 1980-an.

Biden, seorang politikus Partai Demokrat, telah berjanji untuk mengadopsi kebijakan yang lebih kemanusiaan terhadap migran dibandingkan kebijakan pendahulunya dari Partai Republik Donald Trump. Biden juga berjanji untuk membuka jalan menuju kewarganegaraan bagi banyak orang yang tinggal di Amerika Serikat. Meksiko mengatakan perubahan kebijakan itu telah mendorong orang untuk berpikir bahwa sekarang lebih mudah untuk memasuki Amerika Serikat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement