Kamis 25 Mar 2021 10:16 WIB

Brasil Kekurangan Oksigen, RS Kewalahan Tangani Covid-19

Kapasitas rumah sakit Covid-19 di Brasil telah mencapai 100 persen

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Seorang demonstran berpakaian seperti kematian dan mengenakan selempang kepresidenan bergabung dengan protes terhadap tanggapan Presiden Brasil Jair Bolsonaro terhadap pandemi COVID-19, di luar istana kepresidenan Planalto, di Brasilia, Brasil, Minggu, 17 Januari 2021.
Foto:

Minggu lalu, Asosiasi Kesehatan Brasil (Abramge) dan Kamar Kimia Brasil memberi tahu Kementerian Kesehatan dan anggota pemerintah federal lainnya bahwa persediaan medis dan oksigen dapat habis dalam 20 hari ke depan. Namun, dengan infeksi yang terus melonjak, para ahli berpendapat itu bisa lebih cepat dari itu.

Badan pengatur produk medis Brasil, Anvisa, pekan lalu telah memerintahkan semua produsen oksigen untuk melaporkan kapasitas produksi dan distribusi mereka setiap minggu. Kementerian Kesehatan pun memperingatkan bahwa tingkat oksigen enam negara bagian Brasil sangat kritis, terutama di negara bagian barat tengah seperti Acre dan Rondonia.

Johns Hopkins University melaporkan, Brasil mendekati 300.000 kematian akibat Covid-19. Negara ini mencatat rekor mingguan pada pekan lalu dengan 2.255 kematian dan 513.408 kasus baru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement