Ahad 28 Mar 2021 16:33 WIB

Rusia: Ada Kemajuan Signifikan di Rekonsiliasi Afghanistan

Utusan Rusia: penduduk Afghanistan mendukung Taliban karena kesalahan pemerintah

Red: Nur Aini
Utusan presiden Rusia untuk Afghanistan mengatakan berkat upaya internasional, kemajuan signifikan telah dicapai dalam penyelesaian konflik Afghanistan selama beberapa tahun terakhir.

Rusia baru-baru ini dikritik karena memiliki hubungan yang lebih baik dengan Taliban daripada dengan pemerintah resmi di Kabul. Kunjungan menteri luar negeri Afghanistan ke Moskow pada Februari tahun ini menjadi yang pertama dalam lebih dari sepuluh tahun.

Seusai pemilihan presiden Afghanistan pada 2019, sejumlah politisi yang dikatakan memiliki hubungan baik dengan Rusia bergabung dengan Kabinet Afghanistan. Ketika ditanya apakah perombakan dalam pemerintah Afghanistan mengarah pada hubungan yang lebih baik antara Kabul dan Moskow, Kabulov mengatakan hal itu tidak berdampak banyak. Namun, dia mengatakan pemerintah Afghanistan tampaknya menjadi lebih responsif terhadap upaya Rusia dalam rekonsiliasi Afghanistan.

“Perubahan komposisi pemerintahan IRA pasca hasil Pilpres 2019 belum berdampak signifikan terhadap dinamika hubungan bilateral,” ujar dia.

“Di saat yang sama, kami secara positif menilai pengiriman utusan resmi Pemerintah IRA dan Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional untuk mengikuti pertemuan perluasan troika pada 18 Maret tahun ini.

"Kami berharap fakta ini menjadi bukti perubahan dalam pendekatan kepemimpinan IRA terhadap upaya Moskow di jalur rekonsiliasi nasional Afghanistan, termasuk dalam kerangka troika yang diperluas,” kata Kabulov.

Kabulov menahan diri dari komentar tentang apa yang menyebabkan jarak antara Moskow dan Kabul setelah Ashraf Ghani mengambil alih kantor kepresidenan Afghanistan, dengan mengatakan, "Saya menyarankan Anda untuk menyampaikannya kepada kepala IRA sendiri."

Dia menghindari untuk menjawab secara langsung jika kemungkinan kunjungan presiden Afghanistan ke Rusia dibahas selama kunjungan menteri luar negeri negara itu, dengan mengatakan: "Kami percaya bahwa untuk mengatur kunjungan presiden Afghanistan ke Rusia, perlu untuk mempersiapkan konten yang layak."

"Selain itu, penyelenggaraan acara semacam itu berarti mencapai tahap tertentu dalam kaitannya dengan kedua negara dan membawa mereka ke tingkat yang baru secara kualitatif. Kami percaya bahwa saat ini terlalu dini untuk membicarakan pengorganisasian kunjungan presiden IRA ke Moskow. Pekerjaan persiapan yang cukup besar dibutuhkan untuk implementasinya,” tambah dia.

- Penduduk Afghanistan mendukung Taliban karena kesalahan pemerintah

Berbicara tentang popularitas Taliban di antara penduduk Afghanistan, Zamir Kabulov menyarankan untuk mencari alasan dari kesalahan yang dibuat oleh pemerintah Afghanistan dan pasukan internasional yang mendukungnya.

"Alasan dukungan gerakan Taliban oleh sebagian besar penduduk negara itu, kami yakin, harus dicari dalam kesalahan kebijakan kepemimpinan Afghanistan dan pasukan internasional yang mendukungnya.

"Selama hampir 20 tahun, mereka telah gagal menciptakan pemerintahan yang stabil dan mandiri di Afghanistan yang secara efektif akan menangani masalah-masalah dalam memastikan keamanan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk negara itu,” ungkap dia.

"Nilailah sendiri, pada pertengahan Maret tahun ini, Inspektur Jenderal Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan John Sopko mengatakan bahwa 80 persen dari anggaran IRA didanai oleh donor internasional. Sekitar 60 persen penduduk negara itu hidup di bawah garis kemiskinan," kata Kabulov.

Diplomat itu mengatakan ada ketidakpastian yang tinggi tentang kemungkinan penyesuaian garis AS-Afghanistan di bawah pemerintahan Joe Biden.

"Amerika sendiri secara terbuka mengatakan bahwa tidak ada keputusan yang dibuat ke arah Afghanistan, apakah itu garis politik umum atau masalah penarikan pasukan," imbuh dia.

Rusia mengharapkan Perjanjian Doha akan tetap efektif dan kedua penandatangan, AS dan Taliban, berkomitmen untuk implementasinya.

"Kami menganggap dokumen ini sebagai tahap penting dalam perjalanan mencapai penyelesaian damai di Afghanistan.

"Kegagalan kesepakatan akan sangat tidak diinginkan dan akan membuat kami mundur beberapa langkah dalam proses mencapai rekonsiliasi nasional yang berkelanjutan di IRA, dan di kasus terburuk bisa mengarah pada babak baru eskalasi kekerasan bersenjata,” tambah Kabulov.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/rusia-ada-kemajuan-signifikan-dalam-rekonsiliasi-afghanistan/2190460
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement