Selasa 06 Apr 2021 10:33 WIB

Kapal Induk China Latihan di Dekat Taiwan, Hubungan Memanas

China menyatakan akan melakukan latihan kapal induk secara rutin

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Peta Taiwan.
Foto:

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa Liaoning yang ditemani oleh lima kapal pengawal telah transit di Selat Miyako dalam perjalanan ke Pasifik pada akhir pekan. Laporan Global Times China yang diterbitkan oleh surat kabar resmi Partai Komunis People's Daily, menyatakan Nanchang yang merupakan armada kapal perusak Tipe 055 baru yang kuat mulai beroperasi tahun lalu, adalah bagian dari grup kapal induk.

"Kombinasi kapal induk dan kapal perusak besar Type 055 akan menjadi konfigurasi standar kelompok tugas kapal induk China di masa depan," ujar laporan surat kabar itu.

Liaoning dan kapal kembarnya, Shandong, telah melakukan latihan atau berlayar di dekat Taiwan sebelumnya. Pada Desember 2019, tak lama sebelum pemilihan presiden dan parlemen di Taiwan, Shandong berlayar melalui Selat Taiwan yang sensitif dan menjadi langkah yang dikutuk oleh Taiwan sebagai upaya intimidasi.

Taiwan adalah masalah teritorial paling sensitif di China dan potensi konflik militer. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengawasi perombakan militer pulau itu, meluncurkan peralatan baru seperti korvet siluman pembunuh kapal induk untuk menahan sikap agresif Beijing.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement