Jumat 09 Apr 2021 08:31 WIB

Senat AS Ajukan RUU untuk Lawan Pengaruh China

RUU mengamanatkan inisiatif diplomatik dan strategis untuk melawan China.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Bendera China-Amerika
Foto:

RUU tersebut diajukan oleh Senator Bob Menendez dari Demokrat, dan Jim Risch dari Partai Republik. RUU itu akan dibahas dalam pertemuan panel di Senat pada 14 April. Dalam pertemuan itu akan dibahas amandemen dan pemungutan suara untuk menentukan apakah RUU tersebut dapat dilanjutkan menjadi undang-undang. 

"Saya yakin bahwa upaya ini memiliki dukungan yang diperlukan untuk sangat disetujui oleh Komite Hubungan Luar Negeri Senat minggu depan dan Senat penuh segera setelahnya," kata Menendez. 

Sementara, Risch mengaku senang bahwa RUU tersebut menyertakan rencana yang "kuat dan dapat ditindaklanjuti" untuk melawan upaya pengaruh China di universitas AS. Langkah itu adalah bagian dari upaya jalur cepat yang diumumkan pada Februari oleh Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer untuk meloloskan undang-undang untuk melawan China.

“Kongres sangat fokus pada berbagai tantangan yang ditimbulkan China bagi kepentingan Amerika dan sedang mencoba mengembangkan tanggapan efektif yang berada dalam lingkupnya,” kata pakar Center for Strategic and International Studies Asia, Bonnie Glaser.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement