Ahad 18 Apr 2021 15:50 WIB

China dan AS Sepakat Perkuat Upaya Mengatasi Perubahan Iklim

Utusan Khusus AS untuk iklim berkunjung ke Shanghai, China

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Perubahan iklim (Ilustrasi)
Foto:

AS diperkirakan akan segera mengumumkan janji baru untuk mengurangi gas rumah kaca. Washington ingin mendapatkan kembali kepercayaan dari sekutu-sekutunya. Biden membawa kembali AS bergabung dalam Perjanjian Paris.

Penasihat perubahaan iklim organisasi lingkungan Greenpeace, Li Shou mengatakan China akan segera merespons janji baru AS dengan janjinya sendiri. Menurutnya, Negeri Tirai Bamun akan membangun 'momentum' dalam perundingan Shanghai.

"Menurut saya pernyataan ini cukup positif sepanjang dimungkinkan politik, ini mengirim pesan yang sangat tegas terutama isu (China dan AS) akan bekerja sama, sebelum pertemuan Shanghai pesan itu tidak pernah dibayangkan," kata Li.

Biden akan menggelar pertemuan virtual membahas perubahan iklim dengan lusinan pemimpin dunia pada pekan ini. Pertemuan tersebut dalam diikuti masyarakat secara langsung. Pertemuan Perubahan Iklim tingkat dunia dijadwalkan digelar pada 1 hingga 12 November di Glasgow.

Pernyataan AS-China mengatakan kedua negara juga sepakat untuk membahas aksi spesifik untuk mengurangi emisi seperti penyimpanan energi, menangkap karbon dan hidrogen. Mereka mengatakan akan memaksimalkan pendanaan untuk mendorong negara berkembang pindah ke sumber daya rendah karbon. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement