Jumat 07 May 2021 13:38 WIB

AS Kirim Jet Tempur untuk Penarikan Pasukan dari Afghanistan

Militer AS juga mengirimkan pesawat pengebom untuk melindungi pasukan mereka

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Pasukan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan
Foto:

Dukungan AS akan terus berlanjut melalui pendanaan dan "logistik over the horizon" atau dukungan militer dari pangkalan dan kapal AS yang terletak ratusan mil jauhnya. Milley menekankan bahwa, di tengah ekspektasi yang meluas bahwa Taliban dapat merebut kekuasaan dari pemerintah setelah penarikan AS, kematian pasukan Afghanistan belum bisa diprediksi.

"Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan dan Pemerintah Afghanistan saat ini tetap kompak," kata Milley. Maksud presiden Amerika Serikat adalah untuk mendukung keduanya.

Milley menambahkan AS tengah dalam pembicaraan yang berlangsung dengan pemerintah Afghanistan tentang bagaimana menjaga angkatan udaranya akan memberikan dukungan yang efektif kepada pasukan pemerintah di darat. Angkatan udara Afghanistan sangat bergantung pada teknisi asing yang termasuk dalam 16.000 pekerja kontrak yang ditarik keluar.

"Banyak dari itu akan tergantung pada kondisi keamanan di lapangan," kata Milley. "Tujuannya adalah untuk menjaga angkatan udara Afghanistan tetap di udara, dan untuk memberi mereka dukungan pemeliharaan yang berkelanjutan," katanya melanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement