Selasa 11 May 2021 14:11 WIB

Meksiko Selidiki Dua Kandidat Gubernur dari Partai Oposisi

Investigasi menindaklanjuti laporan kecurangan kampanye kandidat gubernur Meksiko

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador
Foto:

De la Garza belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar mengenai penyelidikan itu. Salah satu laporan yang diajukan Unit Intelijen Finansial dari Kementerian Keuangan terhadap Garcia adalah dugaan kejahatan pemilu dalam dana kampanyenya. Itu termasuk kontribusi yang dicurigai dari sumber 'dana atau barang yang legal'. Garcia membantah melanggar hukum dan mengatakan ia akan menghadap ke pihak berwenang untuk merespons tuduhan ini sebab ia tidak memiliki sesuatu yang perlu ditutupi.

"Tidak ada kecurangan dalam kampanye saya dan apalagi pada kehidupan pribadi dan profesional saya, satu-satunya kesalahan saya adalah unggul di jajak pendapat," kata Garcia di Twitter.

Pekan lalu Lopez Obrador menyinggung dugaan pembelian suara yang dilakukan De la Garza di Nuevo Leon. Ia mengatakan pihak berwenang pemilu tidak mengetahui apa yang terjadi selama masa kampanye.

Nuevo Leon adalah wilayah industri yang kaya dan negara bagian penting. Salah satu negara bagian penting yang diperebutkan dalam pemilihan 6 Juni mendatang. Lima belas dari 32 Negara Bagian Meksiko akan memilih gubernur baru pada hari itu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement