Rabu 12 May 2021 20:10 WIB

Hamas Siap Tingkatkan Eskalasi dengan Israel

Hamas dan Israel tengah terlibat pertempuran menyusul memanasnya situasi di Yerusalem

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Asap mengepul setelah serangan udara Israel di Kota Gaza, 11 Mei 2021. Setidaknya satu wanita tewas setelah 130 roket yang ditembakkan oleh Hamas dari Jalur Gaza jatuh di Tel Aviv dan kota-kota tetangga Israel.
Foto:

Setidaknya 36 warga sipil di Gaza, sepuluh di antaranya adalah anak-anak, dilaporkan tewas akibat serangan udara Israel. Sementara serangan roket Hamas ke wilayah Israel merenggut lima nyawa.

Memanasnya situasi di Gaza tak terlepas dari eskalasi ketegangan di wilayah Yerusalem Timur. Sejak akhir pekan lalu, ribuan warga Palestina memprotes rencana Israel menggusur keluarga-keluarga Palestina yang tinggal di lingkungan Sheikh Jarrah. Aksi itu berujung bentrok.

Kerusuhan juga terjadi di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa. Aparat keamanan Israel menembaki warga Palestina di sana dengan granat kejut dan peluru karet. Lebih dari 500 orang mengalami luka-luka.

Tindakan Israel tersebut menuai kecaman dari dunia internasional, khususnya negara-negara Muslim dan Arab. Penyerangan terhadap warga Palestina di sekitar Al-Aqsa menjadi alasan utama Hamas dan kelompok perlawanan Palestina di Gaza melancarkan serangan roket ke Israel. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement