Senin 17 May 2021 00:22 WIB

Ribuan Warga AS Serukan Israel Hentikan Serangan ke Gaza

Aksi itu digelar di sejumlah kota antara lain Los Angeles, New York, Boston

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Warga New York turun ke jalan menggelar aksi dukungan untuk rakyat Palestina dari agresi Israel, New York, Sabtu (15/5) waktu setempat.
Foto:

Pada Sabtu lalu, organisasi media di AS juga meminta Israel menghentikan serangannya ke Jalur Gaza. Mereka mengecam dihancurkannya al-Jalaa Tower, yakni gedung 12 lantai tempat jurnalis Associated Press, Aljazirah, dan media massa lainnya berkantor di Gaza. 

Presiden National Press Club Lisa Nicole Matthews dan Presiden National Press Club Journalism Institute Angela Greiling Keane mengatakan serangan udara itu adalah bagian dari pola pasukan Israel yang menghancurkan gedung-gedung di Gaza tempat menampung organisasi media. 

"Tren ini memicu pertanyaan apakah pasukan Israel menyerang fasilitas ini untuk mengganggu liputan konflik yang independen dan akurat," kata Matthews dan Keane dalam sebuah pernyataan bersama, dikutip laman Anadolu Agency. 

Mereka menekankan organisasi media yang dapat diandalkan adalah sumber informasi akurat terbaik tentang peristiwa di Gaza. "Mereka tidak boleh dicegah untuk melakukan pekerjaan penting mereka," ujar Matthews dan Keane. 

Menurut otoritas kesehatan Palestina, hingga Ahad (16/5), serangan Israel telah membunuh sedikitnya 181 warga Gaza, termasuk 29 wanita dan 52 anak-anak. Sementara 1.200 lainnya mengalami luka-luka.

Hamas dan Israel terlibat pertempuran sejak Senin (10/5). Pada Ahad, militer Israel mengatakan, 2.900 roket telah ditembakkan dari Gaza ke Israel sejak awal pekan ini. Sebanyak 10 warga Israel, dua di antaranya anak-anak, tewas akibat serangan tersebut. Israel mengatakan telah melancarkan serangan terhadap lebih dari 672 target militer di Jalur Gaza.

Eskalasi pertempuran antara Hamas dan Israel di Gaza berkaitan dengan memanasnya situasi di Yerusalem Timur, termasuk di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa. Warga Palestina di sana  diketahui menggelar aksi demonstrasi menentang rencana Israel menggusur sejumlah keluarga Palestina yang tinggal di lingkungan Sheikh Jarrah. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement