Rabu 19 May 2021 07:19 WIB

Lobi Rahasia Itu, Arafat, dan Dibunuhnya Yitzhak Rabin

Yaser Arafat dan Yitzhak Rabin nyaris bangun perdamaian sampai akhirnya Rabin dibunuh

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Ketua Organisasi Pembebasan Palestina Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin mencatat sejarah dengan berjabat tangan usai menandatangani perjanjian damai yang ditengahi Presiden AS Bill Clinton pada 13 September 1993.
Foto:

Salah satu faktor utama yang menyebabkan Israel melakukan perjanjian damai dengan Palestina adalah, selama bertahun-tahun, telah ada penemuan besar minyak dan gas di sepanjang pantai timur Israel dan Palestina.

Israel, yang tidak memiliki sumber air, sekarang memasok air dari pabrik ke Yordania. Perusahaan ini juga memasok minyak dan gas ke Yordania dan Mesir senilai sekitar 19,5 miliar dolar AS.

Israel sedang menggali sumber energi yang sangat besar dari ladang-ladang Tamar dan Leviathan di lepas pantai, sekitar 100 kilometer dari Haifa.

Bangsa Yahudi mengendalikan 90 persen dari zona ekonomi di sepanjang pantai Mediterania, dengan perkiraan 21 triliun kaki kubik gas, cukup untuk memenuhi persyaratan negara selama lebih dari 40 tahun.

Jika formula dua negara diterapkan, Israel harus memberikan bagian utama dari cadangan ini ke Palestina.

Para ahli percaya bahwa alih-alih memberikan bantuan kepada Palestina, komunitas internasional perlu membantu mereka membangun kontrol dan mendapatkan hak penggalian sumber daya alam di Laut Mati untuk menjadikannya swasembada.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement