Rabu 19 May 2021 16:02 WIB

Israel: TV China Tunjukkan Sikap Anti-Semit Soal Gaza

Israel melayangkan protes ke TV Pemerintah China yang bersikap antisemit terkait Gaza

Rep: Haaretz/ Red: Elba Damhuri
 Petugas pemadam kebakaran Palestina bekerja untuk memadamkan api di pabrik cat setelah dilanda serangan udara Israel, di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, 18 Mei 2021.
Foto:

"Orang Yahudi mendominasi sektor keuangan dan internet," kata Zheng, berbicara dalam bahasa Inggris. “Jadi, apakah mereka memiliki lobi kuat yang dikatakan beberapa orang? Bisa jadi."

Zheng kemudian menuduh AS --saingan geopolitik teratas China-- menggunakan Israel sebagai tempat berpijak di Timur Tengah dan sebagai wakil dalam kampanyenya untuk mengalahkan pan-Arabisme.

China telah lama menjadi pendukung kuat perjuangan Palestina. Beberapa hari lalu, China mengkritik keras AS karena telah memblokir pernyataan Dewan Keamanan PBB yang mengutuk kekerasan Israel atas Palestina.

Memang, sejak menjalin hubungan diplomatik formal dengan Israel pada 1992, Beijing telah membina hubungan ekonomi, teknologi, dan militer yang erat, termasuk pembelian pesawat tak berawak Israel model pertama.

Yudaisme bukanlah salah satu agama yang diakui secara resmi di Tiongkok, dan stereotip tentang Yahudi sebagai pebisnis yang cerdik dan manipulator pasar adalah hal yang umum di kalangan masyarakat Tiongkok.

sumber : Haaretz
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement