Senin 24 May 2021 12:30 WIB

Pengalihan Pesawat untuk Tangkap Aktivis Belarusia Dikecam

Aktivis Belarusia ditangkap dengan memaksa pesawat yang ditumpangi mendarat di Minsk

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
 Aktivis Belarusia membuat bayang-bayang saat mereka membawa bendera Belarusia tua dalam unjuk rasa mendukung oposisi Belarus di Lapangan Kemerdekaan di Kyiv, Ukraina, Minggu, 20 September 2020. Para aktivis menuntut otoritas Belarusia untuk menghentikan represi politik di negara mereka.
Foto:

Dalam pertemuan dengan pemimpin-pemimpin Uni Eropa, Presiden  Lithuania, Gitanas Nauseda mendesak blok itu memberikan sanksi terbaru ke Belarusia. Pada BBC, ia mengatakan harapannya langkah-langkah yang 'dapat berdampak besar pada perilaku rezim Belarusia'.

Uni Eropa sudah memberikan sanksi puluhan pejabat Belarusia termasuk Lukashenko. Sanksi-sanksi yang diberlakukan untuk merespon represi terhadap oposisi antara lain pembekuan aset dan larangan terbang.

"Ini perilaku yang keterlaluan dan ilegal, akan ada konsekuensinya," kata Ketua Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menggambarkan aksi Belarusia sebagai 'tindakan terorisme negara yang tak pernah terjadi sebelumnya'. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebutnya 'tindakan yang mengejutkan'. Ia menambahkan pemerintah Presiden Joe Biden sedang berkoordinasi dengan sekutu untuk membahas langkah berikutnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement