Rabu 26 May 2021 10:23 WIB

Unjuk Rasa Warnai Peringatan Setahun Kematian George Floyd

Anggota keluarga Floyd lainnya bertemu dengan Presiden Joe Biden di Washington

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Unjuk rasa memperingati satu tahun kematian George Floyd di Manhattan, New York, 25 Mei 2021.
Foto:

Beberapa jam sebelum perayaan Minneapolis, persimpangan tempat Floyd meninggal terganggu oleh tembakan. Video Associated Press dari 38th Street dan Chicago Avenue atau secara informal dikenal sebagai George Floyd Square menunjukkan orang-orang berlindung saat tembakan terdengar.

Polisi mengatakan seorang pria, yang mereka yakini terluka dalam penembakan itu, pergi ke rumah sakit terdekat dengan luka tembak. Polisi menyebut dia dalam kondisi kritis tetapi diperkirakan akan selamat. Tidak ada penangkapan segera.

Seperti kota-kota besar lainnya, Minneapolis telah berjuang menghadapi meningkatnya kekerasan senjata. Masalah ini diperparah ketika para pelaku memerangi polisi sejak kematian Floyd.

Seorang gadis berusia 6 tahun ditembak mati dan dua anak lainnya terluka dalam beberapa pekan terakhir. Wali kota Minneapolis Jacob Frey meluncurkan proposal keamanan publik yang bertujuan untuk memperbaiki masalah ini pekan lalu.

Persimpangan ke-38 dan Chicago telah dibarikade sejak kematian Floyd. Wilayah itu dengan cepat berubah menjadi tempat aksi peringatan, dan juga tempat yang menantang untuk kota, di mana petugas polisi tidak selalu diterima.

Pada Selasa (25/5), alun-alun tersebut diubah menjadi festival luar ruangan yang terdiri dari makanan, aktivitas anak-anak, dan musik. Kadang-kadang, banyak orang menari di jalan.

Karya seni dan tanda-tanda oleh papan protes setelah kematian Floyd juga terpampang di sudut-sudut jalan. Satu kelompok mengadakan acara open mic di samping rumah kaca yang dibangun oleh anggota komunitas untuk menyimpan bunga yang ditinggalkan oleh pelayat.

Di dekatnya, sebuah kelompok musik tiup melantunkan musiknya bagi orang yang lewat. Perayaan ini juga mencakup nyala lilin dan menutup beberapa hari pawai, demonstrasi, dan diskusi panel tentang kematiannya dan menghadapi diskriminasi rasial.

Floyd (46 tahun) yang merupakan warga Amerika kulit hitam meninggal 25 Mei 2020. Dia meninggal setelah Petugas Polisi Derek Chauvin berlutut di lehernya, menjepitnya ke tanah selama sekitar 9,5 menit. Chauvin, yang berkulit putih, divonis bulan lalu karena pembunuhan dan menghadapi hukuman pada 25 Juni. Tiga petugas lainnya yang dipecat masih menghadapi persidangan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement